Tahun 2018 Ini, DKP Kepri Hanya Bagikan Sampan ke Nelayan
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 25-05-2018 | 10:16 WIB
bawa-sampan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto: kepriprov.go.id)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri mengatakan untuk tahun 2018 ini pihaknya tidak menganggarkan bantuan kepada nelayan berupa kapal ikan besar seperti yang berskala 2 GT.

Pasalnya, berdasarkan hasil evaluasi pada bantuan tahun-tahun sebelumnya penganggaran bantuan kapal besar bagi nelayan ini dirasa tidak efektif.

"Tahun ini yang kita anggarkan bantuan untuk nelayan ya berupa sampan kecil yang untuk perseorangan saja," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Edi Sofyan, di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Dikatakan Edi Sofyan, ketidakefektifan penggunaan kapal ikan besar bagi nelayan ini seperti bantuan kapal besar itu, tidak dimanfaatkan dengan baik dan ada yang bantuan tersebut dipindahtangankan oleh orang lain.

"Kadang ada bantuan yang kita berikan dioperasikan oleh orang lain. Bahkan kadang ada yang dijual atau apa," jelas Edi seperti dilansir dari laman kepriprov.go.id.

Selain itu, anggaran pun juga tidak mencukupi, sehingga bantuan yang diberikan bukan untuk meningkatkan produksi, namun untuk perekonomian masyarakat nelayan tersebut.

Untuk itu, lanjut Edi, bantuan yang diprogramkan tahun ini diberikan melalui bantuan yang dapat digunakan masyarakat nelayan untuk meningkatkan ekonominya.

Namun begitu, Pemerintah Provinsi Kepri akan terus mengoptimalkan peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan secara berkesinambungan setiap tahunnya.

Editor: Udin