Pembangunan Jembatan Babin Belum Ada Kespastian dari Pemerintah Pusat
Oleh : Ismail
Jum\'at | 18-05-2018 | 17:04 WIB
gub-nurdin12.jpg
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hingga kini wacana pembangunan yang menghubungkan Pulau Batam dan Bintan (Babin) terkesan senyap. Hingar bingar pembangunan seperti beberapa bulan sebelumnya pun nyaris tak terdengar lagi.

Padahal, mega proyek yang diwacanakan akan menghabiskan alokasi anggaran sekitar Rp 7 triliun itu sudah didengung-dengungkan oleh Pemprov Kepri beberapa bulan lalu. Bahkan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun seakan telah mendapat angin segar berupa restu Presiden Jokowi yang mendorong percepatan ekonomi Kepri melalui pembangunan jembatan tersebut.

Nurdin saat dikonformasi mengenai kelanjutan wacana pembangunan tersebut mengungkapkan, saat ini Pemprov Kepri masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat.

"Hingga kini Pemerintah pusat belum memutuskan konsep pembiayaan dan payung hukum untuk pembangunan jembatan itu. Mengingat sudah cukup banyak investor yang tertarik untuk melakukan pembangunan jembatan tersebut," ujar Nurdin, Jumat (18/5/2018).

Namun, jika skema pembangunan nantinya diserahkan ke swasta, maka akan memberatkan masyarakat. Karena, masyarakat akan dikenakan biaya untuk menunggunakan jembatan tersebut. Oleh karena itu, Nurdin berharap kebijakan yang dikeluarkan nanti tidak memberatkan masyarakat.

"Makanya kita harap juga agar pembangunan nanti dari Pemerintah," tukasnya.

Editor: Yudha