Lima Sekolah di Tanjungpinang Sabet Penghargaan Adiwiyata 2024
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 02-10-2024 | 19:04 WIB
Adiwiyata1.jpg
5 sekolah di Tanjungpinang menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lima sekolah di Kota Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan berskala nasional di bidang pendidikan lingkungan hidup.

Penghargaan ini diberikan dalam acara penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2024, yang digelar Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Dua sekolah yaitu SMPN 4 dan SMPN 7, meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri, penghargaan tertinggi dalam kategori Adiwiyata. Sementara itu, tiga sekolah lainnya, yakni SMPN 5, SMPN 11, dan SMPN 8, dianugerahi penghargaan Adiwiyata Nasional.

Acara tersebut dipimpin Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong, didampingi Staf Ahli Bidang Regulasi Kementerian Pendidikan, Kemendikbud Ristek, Nur Syarifah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ahmad Yani, bersama Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari, turut mendampingi kelima sekolah tersebut saat menerima penghargaan.

Ahmad Yani menyampaikan ucapan selamat kepada sekolah-sekolah yang berhasil meraih penghargaan dan mengapresiasi peran berbagai pihak dalam pencapaian ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada disdik, kepala sekolah, guru, komite sekolah, siswa, dan LSM peduli lingkungan. Semoga semakin banyak sekolah yang menerapkan dan mengaplikasikan budaya peduli lingkungan hidup di sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Teguh Ahmad berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain di Tanjungpinang untuk ikut serta dalam program Adiwiyata.

"Saat ini, terdapat 44 sekolah di kota Tanjungpinang, mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA, yang telah meraih predikat Adiwiyata, baik di tingkat kota, provinsi, nasional, maupun mandiri," jelasnya.

Sebagai informasi, Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh menteri, gubernur, bupati, dan wali kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku ramah lingkungan di kalangan siswa, guru, dan komunitas sekolah.

Editor: Yudha