Janjikan Bantuan Boat ke Perbang Tanjungpinang

Isdianto Ajak Penambang Boat Beri Rasa Nyaman bagi Penumpang dan Wisatawan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 14-05-2018 | 20:04 WIB
isdianto-janjikan-bantuan-boat.jpg
Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto, mengajak seluruh penambang Boat di Kota Tanjungpinang, memberikan rasa aman dan nyaman pada penumpang yang menggunakan trasportasi laut seperti sampan dan pompong di Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Isdianto, mengajak seluruh penambang boat di Kota Tanjungpinang, memberikan rasa aman dan nyaman pada penumpang yang menggunakan trasportasi laut seperti sampan dan pompong di Tanjungpinang.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto, saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Persaudaraan Penambang Boat Tanjungpinang (PERBANG) di Gedung PKK Kota Tanjungpiang Senggarang, Tanjungpinang, Minggu (13/5/2018) kemarin.

"Boat sampan di Tanjungpinang ini tidak hanya membawa penumpang lokal. Tapi juga membawa penumpang wisata. Oleh karena itu penambang boat yang ada harus memberi dan menawarkan rasa aman dan nyaman pada penumpang," ujar Isdianto.

Pemberiaan rasa aman dan nyaman pada wisatawan, khususnya yang akan melancong ke Penyengat ini, tambah Isidanto, menjadi salah satu cara dalam menunjang dan menopang dunia wisata di Kota Tanjungpinang.

"Kita harus tunjukkan bahwa budaya Melayu adalah budaya yang santun dan sopan, serta harus memiliki nilai estetika dalam menyukseskan program wisata di Tanjungpinang," kata Isdianto.



Kepada penambang boat di Tanjungpinang, Isidanto juga mengatakan, sebelum alhmarhum HM Sani meninggal, almarhum juga pernah berjanji untuk memberikan bantuan kepada masyarakat penambang boat di Tanjungpinang.

Atas dasar itu, Isidanto berjanji akan segera menyampaikannya permohonan bantuan terhadap penambang di Tanjungpinang tersebut kepada Barenlitbang Kepri, agar dapat dialokasika pada 2019 mendatang atau bahkan bisa dianggarkan di APBD Perubahan 2018 tahun ini.

Isidanto juga mengatakan, jika melihat kondisi boat para penambang di Tanjungpinang, rata-rata memang dalam kondisi yang mulai tidak layak. Oleh kerena itu, usulan bantuan penggantian tambang boat tersebut sebelumnya diajukan ke pemerintah.

"Karena proposalnya sudah masuk, Insya Allah saya akan segera koordinasikan kepada Gubernur, lalu ke Barenlitbang. Semoga bisa mendapatkan bantuan. Kalau tidak penuh ke atas, penuh ke bawah pun jadilah," ujar Isdianto.

Sementara itu Pj Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, usai melantik pengurus PERBANG mengatakan, jika boat para penambang yang ada di Tanjungpinang saat ini memang masih minim ramah wisata. Oleh sebab itu dia berharap PERBANG bisa kompak dalam mewujudkan hal tersebut. Sehingga boat-boat yang ada, aman dan nyaman dinaiki serta ramah wisata.

"Kita semua memang menginginkan agar boat penumpang memilikj standard keamanan dan kelayakan berlayar. Contohnya di Penyengat, seharusnya boatnya tidak seperti itu lagi. Apalagi Penyengat kan kawasan wisata. Ciptakanlah agar pelancong yakin dengan apa yang dia naiki," pesan Raja Ariza.

Editor: Udin