Imigrasi Ngaku Tak Tahu Ada Wisatawan Asing Masuk Pulau Joyo di Bintan Tanpa Pemeriksaan
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 10-04-2018 | 11:40 WIB
imigrasi-tpi.jpg
Imigrasi Kelas I Tanjungpinang saat meyampaikan ketidak tahuannya soal wisatawan asing masuk ke Pulau Joyo tanpa melewati pemeriksaan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Imigrasi Kelas I Tanjungpinang menyampaikan sama sekali tidak mengetahui adanya wisatawan yang langusng berwisata ke Pualau Saka, telah berganti nama jadi Pulau Joyo, di Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir, baik lewat kapal laut maupun pesawat.

Kasi Penindakan dan Pengamanan Orang Asing Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Babaynullah mengatakan, baik itu melalui pelabuhan atau Bandara untuk di wilayah kerja Imigrasi Kelas I Tanjungpinang yang terkait adanya dugaan 'direct' langsung sesuai dengan penawaran dari agen. Sesuai aturan, setiap orang asing yang ingin masuk ke wilayah Indonesia semua harus melalui tempat pemeriksaan Keimigrasian yang terdekat atau pihak Keimigrasian bisa mendatangi langsung kapal tersebut.

"Laporan selama ini belum ada dan kita juga baru tahu terkait adanya 'Pulau Private Island' yang bernama Pulau Joyo di Bintan Pesisir," ujar Babaynullah, saat ditemui di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Senin (9/4/2018).

Lebih lanjut, Babaynullah mengungkapkan, laporan untuk sementara ini belum ada data yang seperti itu, tetapi nantinya pihaknya akan tanyakan ke pelabuhan apakah ada kapal yang direct langsung dari Singapura ke 'Pulau Private Island' yang bernama Pulau Joyo di wilayah imigrasi Tanjungpinang.

"Karena yang memiliki kewenangan memberikan izin masuk adalah Imigrasi di pelabuhan," katanya.

Sebelumnya, Pulau Suka yang terletak di wilayah Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir), terpampang di situs jual beli dan penyewaan pulau [www.privateislandonlone.com]. Namun dalam situs tersebut pulau itu diganti namanya dengan Pulau Joyo.

Pulau yang sudah berisi resort itu berganti nama Joyo diduga merupakan adopsi dari nama pengelola resort di pulau tersebut.

Dalam situs itu, dituliskan bahwa Pulau Joyo, yang sebenarnya Pulau Suka, dikelilingi hamparan pasir putih dan laut biru yang jernih. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Gin Besar dan Pulau Numbing ini telah dilengkapi fasilitas mewah yaitu resort sekelas hotel bintang tiga.

Tidak hanya itu, Pulau Suka juga dipajang dalam situs lainnya [www.indonesiatripcanvas.co/id/resort-pulau-pribadi-indonesia]. Pulau itu juga ditawarkan dengan nama Pulau Joyo.

Editor: Gokli