Pansel Open Bidding Telah Dibentuk, Sejumlah Kepala OPD Kepri Bakal Diganti
Oleh : Ismail
Sabtu | 06-01-2018 | 13:02 WIB
Sekda-Arif-Ok.jpg
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadhillah. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan atau open bidding, untuk mengisi sejumlah Organisasi Perangkat daerah (OPD) pada tahun 2018 ini. Hal itu diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadhillah, Sabtu (6/1/2017).

Arif membenarkan telah terbentuknya Pansel open bidding. Menurutnya, Pansel tersebut nanti akan bertugas menyeleksi para peserta open bidding yang mumpuni dalam mengisi sejumlah jabatan kepala OPD Kepri yang akan dilelang.

"Pansel sudah kita bentuk. Tidak ada masalah," ujarnya.

Secara teknis untuk saat ini, kata Arif, pihaknya belum menetapkan jadwal pasti dimulainya proses open bidding, karena masih merekap data posisi mana saja yang akan dilelang.

Dirinya menjelasakan, dalam memilih figur yang tepat untuk mengisis sejumlah jabatan Kepala OPD nanti, pihaknya melakukam dua cara. Pertama dengan melaksanakan open bidding. Di mana, para pejabat yang telah memenuhi kualifikasi bisa langsung ikut serta.

Kedua, dengan melakukan job fit. Yakni, dengan menentukan langsung figur yang mumpuni dan bisa bekerja di posisi yang ditentukan.

"Dua pola ini yang akan kita lakukan nanti," katanya.

Sejauh ini, beber Arif, ada sekitar delapan posisi Kepala OPD yang kemungkinan besar bakal dilelang. Hal tersebut dikarenakan, Kepala OPD-nya akan dan bahkan sudah memasuki masa pensiun.

Bahkan, beberapa diantara sudah kosong dan harus dijabat oleh pejabat sementara.

Kendati demikian, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut bakal bertambah. Tergantung hasil evaluasi Gubernur yang menilai ada sejumlah OPD tidak bekerja dengan optimal pada tahun lalu.

"Tidak menutup kemungkinan. Dari hasil rekap Pak Gubernur kurang sesuai dan optimal bisa jadi kita ganti," tegasnya.

Perlu diketahui, sejumlah OPD yang akan dan telah kosonh karena Kepalanya memasuki masa pensiun yakni, Kepala Kesbangpol Syafri Salisman, serta Isdianto mengundurkan diri dari Kadispenda lantaran mengikuti proses Cawagub Kepri.

Kemudian, yang akan memasuki masa pensiun pada tahun ini, Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Eko Sumbaryadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu satu pintu (PMPTSP) Asman Taufik, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Amir Husin, Kadisdik Kepri Arifin Nasir, serta Ridwan Hamta kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah.

Editor: Gokli