7 Bulan Baznas Kepri Kumpulkan Rp 11,5 Miliar Dana Zakat
Oleh : Ismail
Kamis | 16-11-2017 | 16:38 WIB
Baznaz-Kepri1.gif
Pimpinan Bank Riau Kepri Saat Menyalurkan Dana Qardhul Hasan Kepada Kepala Baznas Kepri. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau berhasil mengumpulkan Rp11,5 miliar dana zakat masyarakat Kepri dalam waktu 7 bulan dari tujuh Kabupaten/Kota di Kepri.

Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri, Mustamin Husain mengatakan, total jumlah zakat yang terkumpul tersebut diperoleh sejak Januari hingga Juni 2017, dengan rincian Provinsi Kepri sebesar Rp 397 juta. Kota Batam sebesar Rp 5 miliar dan Tanjungpinang Rp 908 juta.

Sementara untuk Kabupaten Lingga Rp 602 juta, Kabupaten Anambas Rp 507 juta, Kabupaten Natuna Rp392 juta dan Kabupaten Karimun sebesar Rp 17,27 juta.

"Baznas Kepri menargetkan Rp 17 miliar zakat warga akan terhimpun di Kepri pada 2017. Dengan potensi zakat yang cukup besar ini. Kami yakin, akan mampu mencapai target pengumpulan zakat yang ditetapkan oleh Baznas Pusat itu," ujar Mustamin pada wartawan di Tanjungpinang, Kamis (16/11/2017).

Mustamin juga menambahkan, besanya potensi perolehan zakat di Kepri terlihat dari trend berzakat masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Selain itu, upaya yang dilakukan pihak Baznas Kepri untuk meningkatkan kesadaran umat berzakat yakni dengan sosialisasi dan edukasi, penguatan kelembagaan, optimalisasi, pendayagunaan dan penguatan regulasi serta sinergitas dengan media massa akan menumbuhkan kesadaran pada masyarakat.

"Dana zakat yang telah diterima pihak Baznas Kepri, akan difokuskan pada program pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan,mengangkat potensi lokal daerah," ujarnya.

Selain itu, dana zakat juga, ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Editor: Yudha