Peringati Hari Pahlawan, Lantamal IV Tabur Bunga di Laut Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 10-11-2017 | 14:50 WIB
Danlantamal-tabur-bunga1.gif
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno tabur bunga ke laut mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam perjuangan. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno menggelar tabur bunga di atas KAL Marapas dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-72, Jumat (10/11/2017).

Danlantamal IV mengatakan, pada hari ini seluruh prajurit melakukan upacara bersama di lapangan kantor gubernur, Dompak, Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan dengan agenda tabur bunga untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur di laut tanpa diketahui jasadnya.

"Setelah kita melaksanakan upacara memperingati hati pahlawan, selanjutnya kita mengajak para purnawirawan dan veteran yang mana beliau-beliau pelaku sejarah kita di laut khusus yang berada di Kepuluan Riau," ujar Eko saat ditemui di atas kapal KAL Marapas.

Ia juga menyampaikan rasa syukur bertepatan di Hari Pahlawan ke-72, pemerintah menetapkan Sultan Mahmud Riatsyah dari kerajaan Riau Lingga sebagai pahlawan nasional.

"Sebagaimana diketahui bersama Provinsi Kepri bertambah satu pahlawan nasional Sultan Mahmud Riatsyah dari kerajaan Riau Lingga," katanya.

Sementara itu, Eko juga mengatakan telah mengusulkan dan mengajukan pahlawan laut di Kepri agar dibuat prastasti atau monumen pahlawan laut Sultan Mahmud Riatsyah.

"Pembangunan monumen ini ke depan akan kita rencanakan. Pembuatannya tidak boleh menyimpang dari anggaran APBN yang ada kegiatan program ataupun tidak," pungkasnya.

Editor: Yudha