Dua Pejabat Eselon II Dilantik, Pemko Tanjungpinang Tambah Daftar Kekosongan Eselon III
Oleh : Habibie Khasim
Jum\'at | 10-11-2017 | 10:02 WIB
Tengku-dahlan.gif
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Kamis (9/11/2017) telah melantik 2 orang pejabat eselon II jebolan open bidding. Akan tetapi, menutup eselon II yang bocor dikarenakan pejabat sebelumnya pensiun, malah berbuah pekerjaan rumah yang semakin bertambah.

Pasalnya, dengan dilantiknya dua pejabat atas nama Irwan (mantan Camat Tanjungpinang Barat) dan Jasman (mantan sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi) menambah daftar kekosongan pejabat eselon III Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Sebelumnya jabatan eselon III yang kosong sebanyak 8 jabatan. Dengan majunya Jasman dan Irwan yang meninggalkan jabatan lama mereka tersebut, akhirnya jumlah kekosongan eselon III Pemerintah Kota Tanjungpinang bertambah dua lagi menjadi 10.

Terkait hal ini, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengaku bersama Wali Kota dan Sekretaris Daerah, Riono telah memikirkan dengan matang. Memang seperti makan buah simalakama, di mana kedua-duanya sangat penting untuk optimalisasi pekerjaan yang ada di akhir tahun.

"Namun, karena dipikir eselon II lebih penting, serta kota juga telah mendapatkan izin dari Mendagri untuk melakukan pelantikan, ya kita lantik. Ini juga bukan keputusan saya tapi keputusan Wali Kota. Untuk pelantikan eselon III yang kosong itu kota tinggal izin dari Mendagri lagi," kata Tengku Dahlan saat diwawancarai di Gedung PKK Kota Tanjungpinang, Kamis (9/11/2017) usai pelantikan.

Dahlan enggan membocorkan terkait izin Mendagri untuk pelantikan eselon III yang rencananya juga akan dibarengi dengan pelantikan eselon IV tersebut. BATAMTODAY.COM mendapatkan kabar bahwa rekomendasi dari Mendagri untuk pelantikan eselon III dan IV tersebut telah ke luar. Namun, menurut Dahlan, itu masih dalam proses karena masih ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

"Kita sudah dapat surat dari Mendagri, tapi masih ada yang kurang dan harus dilengkapi. Makanya kita belum bisa cerita dulu ni," kata Dahlan.

Kendati begitu, Dahlan mengaku optimis bahwa pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, jabatan yang kosong tersebut antara lain, Kepala Bidang Pemerintah, Kepala Bidang Pembangunan, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Kota.

Kemudian, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Usaha Mikro, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Sekretaris Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil. Lalu ditambah dengan jabatan yang ditinggalkan oleh Irwan dan Jasman, yaitu Camat Tanjungpinang Barat dan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi.
 
Editor: Udin