Ribuan Warga akan Sambut Perayaan Penobatan Sultan Mahmud Riayat Syah Jadi Pahlawan Nasional
Oleh : Ismail
Jum\'at | 10-11-2017 | 08:50 WIB
TS-Arif-Fadillah3.gif
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadhillah (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ribuan masyarakat direncanakan akan melakukan arak-arakan merayakan raihan gelar salah satu tokoh bangsawan Melayu asal Kepri yang secara resmi dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Ia adalah Sultan Mahmud Riayat Syah atau dikenal dengan nama Sultan Mahmud Syah III.

Sultan Mahmud Riayat Syah dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (9/11/2017) kemarin. Dengan demikian, untuk merayakan moment yang membanggakan tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri akan menggelar pesta penyambutan predikat plakat resmi tersebut Sabtu (11/11/2017) mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadhillah, usai menggelar rapat persiapan penyambutan menerangkan, momentum dinobatkan Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi Pahlawan Nasional dari Kepri merupakan momen yang sangat membanggakan bagi masyarakat. Dengan demikian, Kepri memiliki tiga Pahlawan Nasional. Di antaranya, Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji dan Sultan Mahmud Riayat Syah.

Untuk itu, guna merayakan momentum yang juga bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional tersebut, pihaknya akan melaksanakan penyambutan yang cukup meriah. Mulai dari arak-arakan plakat dan sertifikat penobatan tersebut keliling Tanjungpinang.

Lalu, dilanjutkan dengan pawai keliling di kawasan Jalan Teuku Umar. Dalam pawai dan arak-arakan tersebut nanti, akan diikuti para pelajar, LSM, TNI, dan instansi lainnya.

"Pada penyambutan nanti kita berkoordinasi dengan kabupaten/ kota yang lain. Dipastikan nanti pas penyambutan juga akan dihadiri Bupati dan Wali Kota di Kepri. Karena ini merupakan moment yang membanggakan," katanya, Kamis (9/11/2017).

Selain itu, Arif juga menyampaikan apresiasinya bagi pihak yang sudah terlibat dalam upaya menjadikan Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi Pahlawan Nasional. Menurutnya, tanpa kerja keras dan upaya yang maksimal, raihan tersebut akan sulit dicapai.

Editor: Udin