Moeldoko Berharap Program Batam BerSyiar Bentuk Karakter Pemuda Batam
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 22-05-2018 | 13:52 WIB
batam-bersyiar1.jpg honda-batam
Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (dua dari kiri), Deputi IV BP Batam, Eko Budi Soepriyatno, Ketua DPRD Batam membuka kegiatan Batam BerSyiar. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Staf Presiden, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko memberikan apresiasi terselenggaranya BP Batam berSyiar 2018.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan solidaritas antar umat islam dan dapat membentuk karakter para penerus bangsa melalui program mondok.

"Saya yakin melalui program mondok ini akan dapat menciptakan karakter para pemuda di Batam yang lebih baik," kata Moeldoko saat membuka BP Batam berSYIAR di pelataran Welcome to Batam, Senin (21/5/2018).

Moeldoko mengaku semasa kecil tidak pernah terbayang bisa menjadi seorang Panglima TNI, karena ia mengaku dibesarkan dari lingkungan keluarga yang miskin. Namun di sebuah Surau tempat menuntut ilmu karakter seorang pemimpin dibentuk, banyak ilmu didapat dari para guru dan ustad yang membuatnya terus selalu berupaya untuk memperbaiki diri.

Pada kesempatan itu di bulan Ramadhan ini juga berpesan kepada seluruh masyarakat di Batam untuk meningkatkan solidaritas dan toleransi antarumat beragama. Moeldoko juga menjelaskan bahwa tahun 2018 pemerintah memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jika sebelumnya fokus terhadap infrastruktur, saat ini kita fokuskan terhadap pengembangan SDM," jelasnya.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam, Eko Budi Seopriyanto mengatakan kegiatan BP Batam berSYIAR diselnggarakan dalam rangka untuk meningkatkan solidaritas dan memeriahkan bulan Ramadhan. Pihaknya berharap melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Batam.

Untuk membangkitkan ekonomi, pihaknya mengaku juga memberikan stand gratis kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam. Kemudian melalui kegiatanan BP Batam berSYIAR ini pihaknya juga berharap bisa meningkatkan tali silaturahmi dan solidaritas di bulan yang penuh berkah.

"BP Batam sebagai bagian masyarakat Batam sangat senang bisa menyelenggaran kegiatan ini. Mudah-mudahan bisa kita selenggarakan setiap tahunnya," jelasnya.

Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Batam menggelar BP Batam berSYIAR (Santri, Solidarity, Islamic, Bazar, Ramadhan). Kegiatan yang diselenggarakan 20 Mei hingga 5 Juni 2018 tersebut betepatan dengan rangkaian kegiatan bulan suci Ramadhan.

Ketua Panitia Raden Bambang Cahya Ady mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan bisa meningkatkan silturahmi dan solidaritas umat islam di Batam. Dibulan yang penuh berkah tersebut dijelaskannya bahwa pihaknya ingin menjelaskan bahwa islam hanya ada satu, karena itu pihaknya berharap melalui BP Batam berSYIAR tersebut dapat meningkatkan persaudaraan umat islam.

"Akan banyak rangkaian kegiatan yang kita selenggarakan dalam kegiatan BP Batam berSYIAR. Karena kami benar-benar ingin mengajak masyarakat untuk memaknai di bulan suci Ramadhan ini," kata Raden.

Editor: Yudha