Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

20 Mei sampai 5 Juni

Sambut Ramadhan, BP Batam Gelar 'Batam BerSYIAR'
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 15-05-2018 | 10:16 WIB
batam-bersiyar.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Panitia BP Batam BerSYIAR pada saat konferensi pers. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bekerja sama dengan Ikatan Pondok Modern (IKPM), Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Batam berSYIAR (Santri, Solidarity, Islamic, Bazar, Ramadhan). Kegiatan yang diselenggarakan selama 16 hari (20 Mei hingga 5 Juni) ini betepatan dengan rangkaian kegiatan bulan suci Ramadhan.

Ketua Panitia Batam Bersyiar, Raden Bambang Cahya Ady mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan bisa meningkatkan silturahmi dan solidaritas umat Islam di Batam. Di bulan yang penuh berkah tersebut, pihaknya ingin menjelaskan bahwa Islam hanya ada satu, karena itu mereka berharap melalui BP Batam berSYIAR tersebut dapat meningkatkan persaudaraan umat Islam.

"Akan banyak rangkaian kegiatan yang kita selenggarakan dalam kegiatan BP Batam berSYIAR. Karena kami benar-benar ingin mengajak masyarakat untuk memaknai di bulan suci Ramadhan ini," ujarnya, Senin (14/05/2018) sore.

Raden juga berharap melalui kegiatan tersebut bisa menjadi penyejuk bagi seluruh masyarakat di Batam. Karena panitia sendiri akan menghadirkan banyak ulama dan kiai untuk bisa menyampaikan dakwahnya kepada masyarakat Islam yang ada di Batam.

Diharapkan masyarakat tidak mudah diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Pihaknya juga beharap BP Batam berSYIAR untuk yang pertama kalinya diselenggarakan ini bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya masyarakat tetapi juga instansi pemerintah lainnya seperti halnya Pemprov Kepri dan Pemko Batam.

Tujuan utamanya, diakuinya untuk kebaian Kota Batam. "Kami menyelenggarakan ini adalah murni untuk mengajak masyarakat bisa meningkatkan keimanan di bulan Ramadhan dengan baik," katanya.

Ketua IKPM Gontor Cabang Batam, Ilham menjelaskan setiap bulan Ramadhan pihaknya sebenarnya sudah melakukan banyak kegiatan islami, hanya saja pada tahun ini cakupannya lebih besar. Mulai dari pesantren kilat, bazar usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), penggalangan dana empat negara, pagelaran seni santri Gontor, festival rabana, santri tani dan dzikir barat.

Target untuk pesantren kilat sendiri sebanyak 1.000 santri, saat ini sudah terdaftar 750 santri. Kemudian pihaknya mengaku juga mengundang beberapa ulama seperti Syeh Ali Jabar, Cak Nun dan KH Hasan Abullah.

Para ulama tersebut akan mengisi dakwah di Masjid Raya Batam. "Kami juga mengundang grup band Aleehya yang akan membawakan lagu-lagu islami. Kemudian untuk kegiata penggalangan dana juga akan dihadiri oleh Melly Goeslaow dan host David Chalik," katanya.

Untuk bazar Ramadhan akan dipusatkan di lapangan Welcome to Batam di depan Asrama Haji. Menurut dia sudah ada 400 UMKM yang sangat antusias membuka stand di lapangan tersebut.
Ia berharap dengan kegiatan BP Batam berSYIAR tersebut juga dapat membantu meningkatkan pendapatan para UMKM yang ada di Batam.

"Sesuai kesepakatan bersama BP Batam bahwa panitia akan memberikan sewa gratis kepada para UMKM tersebut," jelasnya.

Editor: Gokli