Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rasa Pedas Cabe Rawit Bisa Sembuhkan Asam Urat
Oleh : Redaksi
Minggu | 29-10-2017 | 14:30 WIB
cabe_rawit.jpg Honda-Batam
Cabe rawit bisa untuk mengatasi asam urat

BATAMTODAY.COM - Anda telah mengetahui bukan jenis buah populer yang satu ini. Buah yang sering dijuluki dengan sebutan kecil-kecil cabe rawit. Buah bernama latin Capsicum frutescen atau lebih dikenal dengan sebutan cabai rawit.

Bagi sebagian besar orang, hambar rasanya jika dalam masakan tidak ada cabai rawitnya. Karena hidup penuh dengan banyak rasa, dan memang seperti itu kenyataannya.

Cabai rawit merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam golongan sayur-sayuran. Namun, ada sebagian orang juga yang mengkategorikannya kedalam jenis buah-buahan.

Cabai rawit memiliki bantuk lonjong berwarna hijau, dan jika telah matang akan berubah warna menjadi merah. Cabai rawit memiliki sensasi yang berbeda dari tumbuhan lainnya. Yaitu ketika cabai rawit ini kita gigit, maka akan menghasilkan rasa yang pedas dan panas di dalam mulut.

Jangan dilihat dari ukurannya, memang kecil cabai rawit ini namun banyak memiliki khasiat untuk kesehatan. Sebagian masyarakat meyakini bahwa dalam cabe rawit ini hanya akan mendatangkan penyakit. Memang, sebagian orang akan merasakan hal seperti sakit perut, sariawan, dan bahkan maag jika mengonsumsi jenis buah yang satu ini. Namun, itu tidak akan terjadi jika pengonsumsiannya tidak berlebihan.

Dalam cabe rawit terkandung beberapa senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti vitamin A dan C, resin, karotenoid, alkaloid atrisi, minyak volatil dan kapsaicin. Nah,zat kapsaicin inilah yang meberikan rasa pedas dalam cabai. Selain itu, secara medis kandungan kapsaicin ini jugalah yang dapat menjadi pemicu enzim pencernaan. Sehingga nafsu makan pun akan meningkat.

Dan dibalik rasa pedas yang terkandung dalam cabai, fakta lain mengungkapkan bahwa cabai ternyata mampu mengobati penyakit asam urat. Zat yang mampu mengatasi asam urat ini juga adalah kapsaicin. Kapsaicin dalam cabai rawit mampu meredakan kejang otot dan persendian tubuh. Serta mampu menghambat rasa sakit pada sistem saraf.

Untuk itu, bagi Anda yang menderita penyakit asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi cabe secara rutin, dan tanpa berlebihan supaya manfaat zat yang terkandung dalam cabe mampu bekerja dengan baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, asam urat Anda akan mengalami penurunan. Jika mengonsumsi cabe secara berlebih, mampu merubah kandungan zat baik dalam cabe berubah menjadi virus.

Pada awalnya senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabe bekerja secara baik jika dengan takaran yang seimbang. Namun, kandungan capsaicin tersebut dapat berubah menjadi bakteri Helicobacter pylori yang akan menimbulkan gangguan pada ulu hati dan lambung. Sehingga mengakibatkan seseorang tersebut merasakan nyeri, jika pengonsumsian cabe tersebut berlebihan.

Itulah sekilas artikel mengenai khasiat cabai rawit untuk mengatasi penyakit asam urat. Serta beragam khasiat cabai rawit untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Editor: Surya