Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menyibukkan Diri Bisa Perpanjang Usia Pria
Oleh : Dodo/detikHealth
Jum'at | 02-12-2011 | 12:06 WIB

BATAM, batamtoday - Sudah lama diketahui bahwa laki-laki merasa aman jika melakukan segala sesuatunya sendirian, sekedar menyibukkan diri, atau hanya ingin merasa damai dan tenang dari kebisingan keluarga.

Tapi sekarang tampaknya gudang memiliki peran yang lebih penting, yaitu bisa membantu pria hidup lebih lama. Melakukan hal-hal yang nampak tidak ada tujuannya nampaknya memiliki menfaat kesehatan, sebagai pekerjaan sambilan yang dapat mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan harga diri pria.

Alan White, profesor kesehatan dari Leeds Metropolitan University, percaya bahwa efek tersebut dapat memperpanjang usia manusia. Menurutnya penelitiannya yang diterbitkan dalam British Medical Journal, pria yang santai dan melakukan banyak hal secara mandiri baik untuk kesehatannya.

"Ada rasa pencapaian yang didapatkan pria dari mulai melakukan pekerjaannya dan melihatnya sampai selesai. Ini baik untuk meningkatkan harga diri pria," kata Prof. White seperti dilansir DailyMail, Jumat (2/12/2011).

Para ahli kesehatan sangat yakin akan manfaat trend komunitas pria yang menamakan dirinya "men's shed" atau pria gudang ini. Komunitas ini awalnya berasal dari Australia dan makin banyak bermunculan di Inggris di mana para anggotanya dapat bertemu dan melanjutkan kegiatan yang berfokus dengan kegiatan "Do It Yourself", yaitu kegiatan melakukan segala sesuatunya dengan mandiri seperti; membetulkan pemotong rumput sendiri, berkebun, atau sekedar menyibukkan diri.

Di Inggris, sudah ada 20 komunitas "Men's Shed", kebanyakan anggotanya adalah para pensiunan dari seluruh negeri. Profesor White percaya bahwa pria merasa nyaman dalam gudangnya lebih cenderung memperhatikan kesehatannya di rumah.