Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simak, Ini Manfaat Olahraga Saat Menstruasi
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 27-10-2017 | 13:38 WIB
ilustrasi-menstruasi1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketika sedang menstruasi, rasa-rasanya tubuh begitu sakit. Bahkan, untuk bergerak saja seolah kita tak memiliki tenaga.

Padahal sebenarnya, aktivitas fisik yang kita lakukan ketika sedang menstruasi bisa membantu meredakan sakit saat menstruasi, loh.

Dilansir dari Health, semakin aktif kita berolahraga ketika menstruasi dan semakin kita rutin menjalani olahraga tersebut, maka gejala PMS tak akan lagi menyuksa.

Menurut Stacy Sims, fisiologis dari USA Cycling Women’s Track Endurance Program, olahraga teratur selama masa menstruasi dapat mengendalikan perdarahan haid yang berat, mengurangi nyeri punggung, serta kram perut.

Ketika kita berolahraga, maka tubuh akan terus memproduksi endorfin yang dilepaskan otak yang bisa membantu meringankan rasa sakit saat haid.

Bahkan, disebutkan bahwa fungsi endorfin untuk meredakan nyeri hampir setara dengan efek morfin. Selain itu, endorfin yang dihasilkan akan membantu kita untuk merasa lebih positif dan relaks.

Terbukti dalam sebuah penelitian dari Khorasgan University, Iran yang diterbitkan di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Reaserch, mereka yang rutin berolahraga saat menstruasi dilaporkan tak lagi mengalami kram perut dan sakit kepala hebat ketika menstruasi.

Namun, sebaiknya jangan lakukan olahraga berat dan latihan fisik lain seperti berenang dan yoga.

Olahraga yang aman kita lakukan ketika sedang menstruasi adalah olahraga jenis aerobik seperti jogging, sepeda, lari, dan jalan kaki.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha