Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Bermuatan Besi Tenggelam di Perairan Pulau Tekong Batam, 4 ABK Selamat
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 29-09-2017 | 13:02 WIB
4-ABK1.gif Honda-Batam
4 orang ABK KM Hena yang selamat saat diminta keterangan oleh Basarnas. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapal bermuatan besi KM Hema dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Tekong Batam, Jumat (29/9/2017) pagi. Beruntung 4 orang awak kapal selamat.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas), Djunaidi, membenarkan kejadian kecelakaan laut kapal kayu pengangkut besi yang bernama KM Hema dengan awak kapal sebanyak 4 orang di Perairan Pulau Tekong Batam.

"Kita menerima laporan dari Kapos AL bahwa pada tw 0929 07.50 G telah terjadi kecelakaan pelayaran 1 kapal tenggelam diperairan pulau Tekong Batam dengan 4 orang kru kapal yang mengapung di perairan itu," ujar Djunaidi saat dikonfirmasi.

Djunaidi mengungkapkan, setelah mendapatkan laporan itu, Basarnas Tanjungpinang dengan menggunakan KN Bhisma, bergerak ke lokasi kejadian untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi terhadap 4 orang ABK Kapal.

"Kita langsung turun dan menyelamatkan 4 orang ABK kapal yang terampung," katanya.

Berdasarkan laporan yang diperoleh, Kapal Pengangkut besi ini bertolak dari Batam menuju Tanjung Balai Karimun, namun sesampainya di Perairan Pulau Tekong Batam tiba-tiba kapal tersebut terbalik..

"Kapal ini diketahui dari Batam hendak menuju Tanjungbalai karimun," ucapnya.

Djunaidi menjelaskan tidak berapa lama kemudian, Tim Basarnas Tanjungpinang berhasil mengevakuasi seluruh ABK kapal dalam keadan selamat. Selanjutnya korban dibawa ke Pangkalan Sekupang guna diserahkan ke agen kapal.

Editor: Yudha