Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar Antri Cetak Capai 58 Ribu

Jauh Dari Harapan, Kota Batam Hanya Dapat 4 Ribu Blanko E-KTP
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 28-09-2017 | 13:38 WIB
Kadisduk-Said1.gif Honda-Batam
Kadisduk Batam Said Haidar (kiri). (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kekosongan blanko KTP elektronik di Kota Batam sepertinya belum akan berakhir. Pasalnya Disduk Batam hanya mendapat 4 ribu keping blanko, padahal daftar antrian mencapai 58 ribu orang.

"Seminggu yang lalu, kami dapat 2 ribu blanko. Baru-baru ini ditambah 2 ribu laporan sekretaris yang ada di Jakarta. Jadi total ada 4 ribu blanko," ujar Kepala Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapail) kota Batam, Said Khaidhar, Kamis (28/09/2017).

Said mengaku jumlah tersebut sangat kurang dari harapan yang diajukan sebelumnya sebanyak 70 ribu blanko. Namun informasi yang ia dapat, di pusat hanya menyediakan lebih kurang 7,5 juta blangko. Jumlah tersebut yang dibagikan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Memang jauh dari pengajuan kami 70 ribu blanko, daftar tunggu siap cetak dan sudah merekam itu mencapai 58 ribu orang. Tapi kami tetap optimis dan terus berusaha di pusat," katanya.

Menurut dia dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil seluruh Camat se-Kota Batam. Dalam mengambil kebijakan dan mecari solusi dalam ketersedian blanko saat ini. Karena dalam satu hari pemohon perekaman KTP di Kota Batam mencapai 300 ribu orang.

Perekaman KTP tersebut berbagai jenis, kata Said, dari pemula, ganti alamat, status hingga hilang. Namun menurut dia 4 ribu blanko tersebut akan di priotitaskan untuk anak sekolah yang belum pernah melakukan perekaman.

"Kami akan panggil semua Camat dalam mencari solusi blanko KTP. Tapi dari daftar tunggu cetak 58 ribu yang kami prioritaskan bagi pemula (anak sekolah-red)," pungkasnya.

Editor: Yudha