Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Kegiatan Fisik dan Non Fisik TMMD ke-100 Kodim 0316/Batam
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 27-09-2017 | 18:50 WIB
Upacara-pembukaan-TMMD-di-Lapangan-Bola-Kaki-Sembulang,-Galang.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun sebagai inspektur upacara pembukaan TMMD di Lapangan Bola Kaki Sembulang, Galang (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0316/ Batam akan berlangsung selama 20 hari, dengan berbagai kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Danrem 033/Wira Pratama, Brigjend Fachri, usai mengikuti upacara pembukaan TMMD di Lapangan Bola Kaki Sembulang, Galang, mengatakan bahwa kegiatan fisik meliputi rehab sekitar 100 rumah masyarakat yang memang sudah tidak layak huni.

"Kalau bentuk non fisik, berupa penyuluhan serta memberikan pemahaman tentang bela negara kepada masyarakat," ungkap Fachri, Rabu (27/9/2017).

Ditambahkan, kegiatan tersebut akan diikuti oleh 150 peserta yang tergabung dari TNI bersama instansi terkait.

"Kalau dari TNI, diturunkan sebanyak 110 personil. Sisanya, berasal dari insntasi-instansi terkait, seperti Kepolisian, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan lainnya," tambahnya.

Sementara Dandim 0316/ Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko, selaku Dansatgas TMMD ke-100 menjelaskan, 100 rumah yang menjadi sasaran bedah rumah tersebut, terdapat pada tiga kecamatan.

"Dalam renovasi itu terdapat pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Galang, Bulang dan Belakang Padang," jelasnya.

Untuk rinciannya, sebanyak 35 unit di Kecamatan Belakang Padang, Kecamatan Bulang 35 unit, serta 30 unit di Kecamatan Galang.

"Sedangkan kegiatan non fisik, berupa penyuluhan agama, hukum dan kamtibmas, narkoba, kesehatan lingkungan dan KB kesehatan. Kemudian, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, koperasi dan UKM, pertanian, penyuluhan radikalisme," pungkasnya.

Editor: Udin