Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembukaan TMMD Kodim 0316/Batam, Gubernur Apresiasi Kedekatan TNI dan Masyarakat
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 27-09-2017 | 15:02 WIB
upacara-TMMD-Batam1.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun pimpin upacara pembukaan TMMD Kodim 0316/Batam. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0314/ Batam, resmi digelar mulai hari ini, Rabu (26/9/2017). Pembukaannya dilakukan dengan upacara yang dipimpin Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, di Lapangan Bola Kaki Sembulang, Kecamatan Galang.

Gubernur, dalam sambutannya mengatakan, adanya program TMMD ini, sinergitas pembangunan yang dilakukan TNI dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, baik pembangunan secara fisik maupun non fisik.

"Kodim di setiap kabupaten dan kota yang ada di Indonesia dan Kepri serta Batam secara khusus, tentunya sangat membantu program pemerintah. Pastinya, masyarakat sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini," ungkap Nurdin.

Dilanjutkan, secara pribadi ia juga mengapresiasi dan berterima kasih dengan adanya TMMD, sangat membantu mensejahterakan masyarakat.

"Sesuai dengan temanya, percepatan pembangunan meningkatkan kemadirian dan kedejahteraan masyarakat, diharapkan bisa berjalan lancar dan tepat sasaran," tambahnya.

Nurdin juga menyebutkan, di Kepri ini TNI sangat dekat dengan masyarakat. Dengan kedekatan itu, tentu memberikan keamanan untuk maayarakat.

"Kepri dan terutama Batam, adalah miniatur Indonesia, karena dihuni masyarakat yang berasal dari berbagai daerah, agama, suku, adat dan sebagainya. Sehingga, kedekatan TNI dengan masyarakat bisa menjaga keamanan serta memupuk persatuan. Apalagi, banyak tantangan yang harus dihadapi, baik dari dalam maupun persaingan politik dari negara tetangga," lanjutnya.

Menurutnya, dengan kegiatan ini juga bisa memupuk dan memberikan pemahaman terhadap ideologi bangsa kepada generasi muda yang tinggal di daerah hinterland.

"Tidak bisa kita pungkiri, saat ini banyak generasi muda kita yang tidak memahami sejarah, sehingga mudah terpengaruh dengan budaya luar. Ini juga menjadi salah satu sarana untuk memberikan pemahaman tentang ideologi bangsa," tuturnya.

"Semoga kegiatan yang sangat berarti untuk masyarakat ini, berjalan dengan kancar dan baik. Kita tahu apapun aktivitas masyarakat memerlukan keamanan dan kenyamanan. Kegiatan TMMD ke 100 Kodim 0316/ Batam ini dengar resmi saya buka," pungkasnya.

Editor: Yudha