Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Tips Melindungi Akun Media Sosial dari Serangan Hacker
Oleh : Redaksi
Selasa | 26-09-2017 | 12:14 WIB
ilustrasi-hacker1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menjengkelkan memang ketika akun media sosial kita tiba-tiba terblokir atau diretas. Apalagi sekarang sedang marak maraknya notif penipuan dengan akun media sosial. Bisa saja akun kita digunakan untuk hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Vyas Sekar, seorang anggota Fakultas CyLab di Carnegie Mellon University yang juga seorang profesor teknik elektro dan komputer berbagi beberapa tips untuk menghindari akun kita dari para hacker:
1. Pastikan ada kata sandi pada perangkat Anda dan tidak dibiarkan terbuka untuk mencegah orang memperoleh akses
2. Pastikan password menggunakan informasi yang tidak mudah diketahui kalangan umum
3. Menggunakan kata kunci yang berbeda untuk akun yang berbeda

Sebenarnya semua aplikasi media sosial kini sudah dilengkapi seperangkat fitur keamanan. Facebook, misalnya. Sistem keamanan pesan di akun tersebut bahkan sudah setara banking dan toko online ditambah fitur pengendali spam dan malware.

"Secret conversation", fitur yang dipatenkan pada 2016 merupakan bukti private app lanjutan dari Facebook yang mirip dengan enskripsi end to end di Whatsapp.

Namun, perlu diperhatikan bahwa segala sistem bisa diretas hack. Para hacker bisa saja memasang aplikasi mata-mata tersembunyi yang dapat terus mengakses informasi di belakang ponsel atau komputer Anda. Bisa juga dengan menggunakan alat cracking password atau memanfaatkan kemampuan untuk mereset password, untuk masuk ke akun korban.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha