Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, BP2RD Batam Targetkan PPJU Sumbang PAD Sebanyak Rp159 M
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 26-09-2017 | 11:38 WIB
rdp-ppju.jpg Honda-Batam
BP2RD Batam saat mengukuti RDP di ruang Komisi II DPRD Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam menargetkan pajak penerangan jalan umum (PPJU) tahun 2017 ini sebesar Rp159 miliar.

Hal itu disebabkan adanya pertumbuhan pelanggan PLN Batam yang semakin luas. Sehingga pendapat daerah dari sektor tersebut bisa mencapai target.

"Mudah-mudahan mencapai target yang ditetapkan. Karena pertumbuhan pelanggan PLN sangat pesat," ujar Kepala BP2RD, Raja Azmansyah usai menghadiri rapat dengar pendapat di Komisi II DPRD Batam, Senin (25/9/2017) sore.

Meski demikian, kata Raja dengan adanya kenaikan tarif listrik PLN Batam sebesar 45 persen tidak terpengaruh dari target PPJU tahun ini. Sebab, perhitungan tersebut melalui data pelanggan 5 tahun lalu.

"Target PPJU tidak ada kaitanya dengan kenaikan tarif listrik. Perhitungan terget kami melalui pelanggan 5 tahun terahir," ujarnya.

Namun, ia tidak memungkiri dalam setahun yang akan datang, kenaikan tarif listrik memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan PPJU. Di mana semakin tinggi pemakaian pelanggan, maka berimbas pada tinggi nilai pajak.

"Enam persen biaya yang dibayar pelanggan ke PLN Batam itu masuk ke kas daerah. Kami akan tetap bekerja keras dalam meningkatkan pendapatan sektor pajak," pungkasnya.

Editor: Gokli