Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Penderita DBD di RSUD Embung Fatimah Menurun Drastis
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 20-09-2017 | 17:50 WIB
RS-Embung-Fatimah-Batam-728x349.gif Honda-Batam
RSUD Embung Fatimah Batam di Batuaji (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasien penderita DBD atau Demam Berdarah Dengue yang menjalani pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah sepanjang tahun 2017 ini terus mengalami penurunan.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji mencatat, hanya 41 pasien DBD yang berobat di sana sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut menurun drastis dari tahun sebelumnya yang pada semester awal telah menerima 259 pasien DBD.

"Bulan September ini hanya tiga orang yang masuk, itupun hanya satu orang yang rawat inap dan sekarang sudah sembuh," ujar Humas RSUD Embung Fatimah Batam, Ellin Sumarni, Rabu (20/9/2017).

Dari total 41 pasien DBD tersebut, yang meninggal dunia hanya satu orang anak. Sementara tahun sebelumnya jumlah penderita DBD yang meninggal sekitar tujuh orang.

"Memang menurun drastis. Padahal lagi musim hujan kita sekarang. Biasanya musim-musim seperti ini banyak pasien DBD tapi sekarang malah tak ada," ujar Ellin.

Ellin mengimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menutup rapat tempat genangan air, untuk menghindari berkembangnya pertumbuhan nyamuk penyebab demam berdarah.

"Kalau tak memperhatikan genangan air di rumah tentu akan sangat rawan. Bisa membludak pasien DBD. Tapi alhamdulilah sekarang sudah baik," tutur Ellin.

Editor: Udin