Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gempa Kembali Guncang Meksiko, 134 Orang Tewas
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-09-2017 | 12:16 WIB
Gempa-Meksiko1.gif Honda-Batam
Gempa di Meksiko merubuhkan sejumlah bangunan. AP Photo.

BATAMTODAY.COM, Meksiko - Sedikitnya 134 orang tewas setelah gempa berkekuatan 7,1 menerjang Meksiko, Selasa (19/9/2017). Ini gempa dahsyat kedua hanya dalam tempo 2 minggu.

Lokasi dengan dampak terburuk akibat terjangan gempa berada di negara bagian Morelos, selatan kota Mexico City. Di sini, ditemukan 54 orang tewas. Di ibukota Meksiko, Mexico City, ditemukan 30 orang tewas.

Pusat gempa terjadi di negara bagian Puebla, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Di Puebla ditemukan 41 orang tewas.

Selain menewaskan lebih seratus orang, sejumlah bangunan rubuh dan hancur. Saluran gas bocor dan munculnya api melalap bangunan di sekitarnya. Listrik di jutaan rumah penduduk Meksiko padam.

"Kami menerima laporan ada orang di dalam gedung-gedung. Mereka melakukannya dengan hati-hati,' kata Miguel Angel Osorio Chong, Menteri Dalam Negeri Meksiko mengenai upaya tim penyelamat korban gempa seperti dikutip dari Reuters.

Ribuan warga Meksiko panik dan berlari ke arah jalan. Mereka berusaha menyelamatkan diri. Namun sejumlah orang dilaporkan terjebak di dalam reruntuhan bangunan di Cuernavaca, daerah tujuan wisata terkenal.

"Kami keluar sangat cepat, meninggalkan segala sesuatunya," kata Rosaura Suarez. warga kota Mexico City.

Getaran gempa terjadi bertepatan dengan peringatan 32 tahun gempa dahsyat yang terjadi di Mexico City pada tahun 1985 dan menewaskan ribuan orang.

Bertepatan pula warga Meksiko mengikuti latihan menghadapi gempa yang biasanya diselenggarakan setiap tanggal 19 September.

Sebelumnya, gempa berkekuatan besar mengguncang wilayah selatan Meksiko pada 7 September lalu dan menewaskan 98 orang.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha