Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Studi, Hamil Pertama di Usia 30-an Pertanda Panjang Umur
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-08-2017 | 11:26 WIB
hamil-00.gif Honda-Batam
Ilustrasi wanita hamil. (ibudanbalita.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para ahli kesuburan di Inggris pernah menyatakan kekhawatiran, karena usia rata-rata perempuan di sana saat pertama kali hamil adalah 30 tahun. Mereka pun memperingatkan kecenderuangan menunda kehamilan dapat memperbesar resiko tak punya anak.

Namun, sebuah studi baru yang dilakukan para ilmuwan Universitas Coimbra, Portugal, menunjukkan sisi positif bagi perempuan yang hamil pertama di usia 30-an. Mereka menemukan para perempuan yang hamil pertama di usia ini memiliki kecenderunan umur lebih panjang

Mereka melakukan studi yang membandingkan harapan hidup ibu di negara-negara Eropa pada usia 65. Menurut sebuah makalah yang diterbitkan di Jurnal of Public Health, wanita yang menjadi seorang ibu di usia 30-an lebih mungkin hidup lama dari mereka yang melahirkan di usia remaja dan 20-an.

"Hasil yang paling relevan menunjukkan bahwa wanita cenderung hidup lebih lama saat mereka hamil lebih tua terutama untuk anak pertama," tulis makalah tersebut. Kemudian ada penelitian kedua yang dirilis dalam Jurnal Menopause.

Penelitian ini juga menunjukkan ibu yang melahirkan pada usia 33 memiliki beberapa penanda DNA umur lebih panjang daripada ibu yang melahirkan di usia muda. Sayangnya, kedua penelitian tersebut tidak memberi penjelasan mengapa ibu yang mengalami hamil pertama di usia 30-an dapat hidup lebih lama.

Ahli kesuburan Lord Winston mengatakan kepada The Mail on Sunday, wanita yang hamil di usia tua cenderung punya penghasilan dan berpendidikan. Ia menambahkan, wanita seperti itu memiliki harapan hidup lebih lama karena mereka mampu menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Usia rata-rata perempuan hamil pertama kali di Inggris adalah 30 tahun. Satu dari 25 kelahiran di Inggris adalah wanita berusia di atas 40 tahun. Wanita yang berencana memiliki anak di usia 30-an sebelumnya sudah diperingatkan karena kemungkinan mereka sulit punya anak lantaran pembuahan lebih tinggi terjaid di usia 20-an.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli