Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Damkar Bintim Butuh Perhatian Pemkab Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 08-08-2017 | 18:50 WIB
Damkar-Bintan.gif Honda-Batam
Armada Damkar Bintim (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kurang maksimalnya kinerja Pemadam Kebakaran (Damkar) Bintan Timur (Bintim) dalam mengatasi peristiwa kebakaran di wilayah kerjanya akibat minimnya kesiapan personel dan armada Damkar itu sendiri.

Kepala UPT Damkar Bintim, Togar, kepada BATAMTODAY.COM mengakui hal tersebut, karena personel yang ada saat ini hanya berjumla 9 orang, yang bibagi menjadi tiga sip. Masing masing setiap sipnya hanya berjumalah 3 orang. Hal ini jauh dari kata ideal jika dibanding dengan luar wilayah Bintim.

"Memang kinerja kita kurang maksimal, karena dalam setiap regu hanya berisikan 3 orang. Jumlah tersebut jauh dari kata ideal," sebut Togar, Selasa (8/8/2017).



Selain itu, kesiapan armada juga minim, peralatan pemadam belum ada pembaruan. Sedangkan peralatan peralatan yang ada saat ini sudah pada rusak, dan butuh perhatian oleh pihak terkait.

"Peralatan armada juga kurang, sedangkan yang ada sudah pada rusak. Sesuai dengan umurnya, bisa dikatakan terbilang tua. Sehingga tidak bisa lagi difungsikan dengan maksimal," kata Togar.



Melihat kondisi yang memprihatinkan itu, Togar berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bintan dapat lebih memperhatikan hal tersebut. Seperti menambah jumlah personel serta perlengkapan armada.

"Saya berharap Pemda dapat memperhatikan kondisi armada dan kesiapan pesonel Damkar. Karena dengan kondisi yang saat ini, Damkar tidak bisa bekerja dengan maksimal," harap Togar

Editor: Udin