Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Workshop Jurnalistik Karimun, Ciptakan Pers Profesional
Oleh : CR-16
Selasa | 08-08-2017 | 16:02 WIB
workshop_jurnalistik.jpg Honda-Batam
Ketua PWI Kepri, Ramon Damora saat menyampaikan materinya pada Workshop Jurnalis di Kabupaten Karimun. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karimun bekerjasama dengan Pemkab Karimun menggelar workshop jurnalistik yang mengangkat tema, 'Bersinergi Bersama Pers yang Profesional Membangun Karimun', di Hotel Aston, Selasa (8/8/2017).

Kegiatan yang berlangsung 2 hari tersebut dilaksanakan di meeting room Hotel Aston Karimun, menghadirkan narasumber Anggota Dewan Pers yang juga Sekjen PWI Pusat, Hendri Ch Bangun dan Ketua PWI Kepri, Ramon Damora.

"Ya, diharapkan antara rekan pers dan narasumber dapat terjalin komunikasi yang baik, sehingga tidak ada kesalahpahaman. Terkait masalah kartu rekan-rekan pers yang belum pernah mengikuti uji kompentesi wartawan atau sudah pernah ikut namun belum lulus, kita akan mengadakan di Batam pada bulan Oktober mendatang, diharapkan rekan media dapat mengikuti," ujar Ramon.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkab Karimun Eko Riswanto mengatakan, tujuan workshop jurnalistik ini agar para pejabat tidak merasa takut untuk mengahadapi para awak media, sebab media merupakan partner kerja yang baik dalam memberikan informasi.

"Hal ini dilakukan agar para pejabat perangkat daerah tidak merasa takut menghadapi wartawan, karena wartawan adalah partner kerja kita yang bisa menyampaikan informasi yang baik dan sesuai data yang valid ke publik," ujar Eko.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya berita-berita yang sifatnya opini tanpa ada konfirmasi karena saat ini lagi marak terjadi.

"Dengan adanya kegiatan ini para narasumber dapat lebih bijak menerima wartawan, karena saat ini sedang marak-maraknya pemberitaan yang berdasarkan opini tanpa adanya konfirmasi baik media cetak maupun online, namun dengan adanya kegiatan ini para narasumber lebih jeli dan paham bagaimana menghadapi media-media yang tidak jelas," ujarnya.

Editor: Yudha