Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Lingga Gelar Penyuluhan Kampung Siaga Bencana di Kelurahan Daik
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 04-08-2017 | 15:38 WIB
dinsos-lingga1.jpg Honda-Batam
Peserta foto bersama usai pelaksanaan sosialisasi. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Wujudkan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Sosial menggelar kegiatan penyuluhan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Jumat (4/8/2017).

Kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk pelatihan kesiapan masyarakat itu akan digelar selama 3 hari kedepan. Dengan hari pertamanya dilakukan penyuluhan KSB oleh narasumber dari Dinsos Provinsi Kepri dan hari kedua ketiga praktek lapangan.

Ketua pelaksana sekaligus Ketua Tagana Kabupaten Lingga, Marjono mengatakan kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengahadapi bencana.

"Disini akan di latih tenaga lokal, terwadahnya penanggulangan bencana serta tersusunnya tata kelola penanggulangan bencana di tingkat lokal dengan sistem penanggulangan bencana bidang bantuan sosial secara nasional," ungkapnya.

Ia menjelaskan, kampung siaga bencana merupakan model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Dimana nantinya masyarakat dituntut untuk lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan resiko melalui pendekatan sosial.

"Melalui kampung siaga bencana, masyarakat akan terkondisikan dan lebih siap sebagai subjek dan objek pembangunan. Jadi masyarakat menjadi pihak pertama dalam penanggulangan sebelum datangnya bantuan," ujarnya.

Sementara itu mewakili Bupati Lingga, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Bupati Lingga, Abdurakhman yang sekaligus membuka kegiatan ini mengungkapkan rasa syukurnya karena Kabupaten Lingga di beri kepercayaan dari pusat untuk menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan KSB di Kelurahan Daik Lingga, Kecamatan Lingga.

Untuk itu atas nama Pemkab Lingga, ia menghimbau pada Dinas Sosial, camat dan lurah supaya mendukung terobosan ini dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pemkab Lingga melalui Dinas Sosial sangat mendukung sekali, dengan membentuk kampung siaga bencana di wilayah Kabupaten Lingga umumnya," kata Abdurakhman.

Editor: Yudha