Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Dapat 2 Project dari Urban Nexus
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 23-07-2017 | 17:30 WIB
pinang-urban2.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memberikan cindera mata kepada Mrs Ruth Erlbeck dari GIZ Jerman (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kota Tanjungpinang, Surjadi mengatakan hasil dari pertemuan ke-7 Urban Nexus membahas transfer kemajuan teknologi kepada Kota Tanjungpinang, disepakati bahwa Tanjungpinang mendapat 2 project yang akan menjadi pilot project, yaitu adalah teknologi Vacuum Sewerage dan TPA Ganet.

Surjadi menjelaskan bahwa Vaccum Sewerage yang merupakan teknologi pengelolaan air buangan yang akan nantinya diolah menjadi pupuk cair dengan sistem kerjanya seperti toilet yang ada di pesawat.

Surjadi juga mengatakan pada prinsipnya, teknologi tersebut bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan sumberdaya alam semaksimal mungkin.

"Karena pada dasarnya hal yang unlimited itu sudah terbatas. Seperti air, udara Sekarang ini bagaimana kita bisa melakukan 3R (reduce, reuse dan rcycle.red) dari sampah -sampah yang ada dan dapat kita olah menjadi energi, seperti listrik, atau bahan bermanfaat seperti pupuk cair. jadi harapan kita nantinya setiap 100 ton yang terangkut tidak lagi tertumpuk disitu semuanya dapat kita olah sehingga menjadi zero waste," kata Surjadi.

Rencananya, kata Surjadi, program tersebut akan diwujudkan sesegera mungkin. Sehingga, dalam mengikuti Urban Nexus, manfaat yang didapat tidak hanya disimpan dalam kertas saja, melainkan diwujudkan dalam teknologi nyata.

Editor: Surya