Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Fraksi di DPRD Kepri Kritik Lemahnya Koordinasi Gubernur dengan OPD
Oleh : Ismail
Rabu | 19-07-2017 | 10:02 WIB
jubir-demokrat-kepri-01.gif Honda-Batam
Juru bicara Fraksi Demokrat Plus DPRD Kepri, Onward Siahaan. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lemahnya koordinasi Gubernur dengan organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi sorotan sejumlah fraksi di DPRD Kepri. Hal ini dibahas dalam rapat Paripurna pandangann umum fraksi terhadap lapora pertanggungawaban APBD Kepri tahun 2016, Selasa (18/7/2017).

Juru bicara Fraksi Demokrat Plus, Onward Siahaan saat penyampaian pandangan menyarakan, agar Gubernur meningkatkan koordinasi dengan OPD. Hal tersebut guna meningkatkan kinerja dalam pembangunan.

Menurutnya, koordinasi tersebut akhir-akhir ini dinilai masih lemah. Sehingga, hal tersebut berdampak pada penyerapan anggaran yang tidak optimal.

"Walaupun kami Partai pengusung, kami melihat bahwa masih minimnya penyerapan anggaran ini karena kurang koordinasi. Gubernur harus segera mengkoordinasikan agar anggaran ini segera diserap pertriwulan dan tidak menumpuk di akhir," jelasnya.

Ia juga meminta agar Pemerintah Kepri juga segera memaksimalkan kewenangan yang diberikan Pemerintah Pusat ke daerah.

"Kita masih ada potensi yang belum digarap seperti pertambangan, kelautan dan lain sebagainya. Seharusnya potensi ini segera kita kejar untuk menambah pemasukan kita," kata Onward.

Sebelumnya, Fraksi Golkar, PDIP, PKS-PPP dan Fraksi Amanat Nasional, juga melihat bahwa APBD Kepri merupakan salah satu pendorong pergerakan roda ekonomi Kepri yang saat ini sedang lesu-lesunya. Untuk itu, ke depan, Pemprov Kepri harus segera mengerjakan seluruh kegiatan di awal.

Selain mengkritik, seluruh fraksi-fraksi di DPRD memuji keberhasilan Pemerintah Kepri yang berhasil mempertahankan predikat keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tujuh tahun berturut-turut. Keberhasilan ini, menunjukkan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh jajaran Pemprov Kepri sudah berjalan dengan baik.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak meminta agar Pemprov segera menjawab pandangan umum dan masukan dari fraksi-fraksi tersebut.

Editor: Gokli