Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungan Pasien RSUD Tanjunguban Didominasi Penderita ISPA dan Tifus
Oleh : Siti Maysharah
Selasa | 18-07-2017 | 13:50 WIB
RSUD-Tanjunguban11.gif Honda-Batam
RSUD Tanjunguban. (Foto: Sharah)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjunguban periode Januari - Juli 2017 didominasi oleh sembilan penyakit yang saat ini banyak menyerang warga Tanjunguban dan sekitarnya.

Humas RSUD Tanjunguban, Iranti menjelaskan, ke 9 penyakit tersebut antara lain ISPA (Infeksi saluran pernafasan), PPOK (Penyakit paru obstruktif kronik), Thypoid (Tifus), TB Paru-paru (Tuberkolosis), Bronkopneumonia/BP (Peradangan dinding bronkiolus), DHF (Demam berdarah), Morbili (Campak) dan Rhinitis (Peradangan rongga hidung akibat alergi) dan Diare.

"Untuk rawat inap, penyakit yang paling tinggi angka kunjungannya adalah thypoid dengan jumlah 64 kunjungan. Kemudian penyakit Bp ada 62 kunjungan, Dhf ada 61 kunjungan, Diare ada 43 kunjungan, ISPA ada 14 kunjungan dan terakhir Morbili dengan 10 kunjungan," jelasnya, Selasa (18/7/17).

Sementara itu, jumlah kunjungan tertinggi untuk pasien rawat jalan disebabkan oleh penyakit ISPA yang mencapai 80 kunjungan.

"Selain ISPA, kunjungan rawat jalan juga di dominasi oleh 5 penyakit lainnya yakni PPOK dengan jumlah 60 kunjungan, TB Paru dengan 51 kunjungan, Rhinitis 31 kunjungan, Thypoid 15 kunjungan serta Bp dengan 13 kunjungan," terang Iranti.

Menurutnya, beberapa penyakit tersebut di sebabkan oleh faktor cuaca yang sering berubah drastis. Terkadang hujan lalu tiba-tiba menjadi panas terik.

"Sebaiknya, kita menjaga tubuh kita dengan rutin minum vitamin dan jangan berada di bawah matahari yang sedang terik secara langsung. Serta jangan lupa menutup wadah yang tergenang air untuk mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah," imbuhnya.

Editor: Yudha