Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resep Sehat Susu Kuning dari Kunyit Segar
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-07-2017 | 13:04 WIB
susu-kuning1.gif Honda-Batam
Susu kuning yang sehat dan segar. (Foto: tempo.co)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Minuman santan kuning yang lezat ini terbuat dari resep yang terdiri dari santan kelapa, kunyit segar, jahe, dan merica.

Jahe dan merica dapat membantu meningkatkan penyerapan kunyit dan menambah rasa pedas minuman yang bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin ini. Campuran kayu manis dan madu pun bisa menambah rasa manisnya.

Kunyit merupakan bumbu tradisonal yang banyak digunakan di negara-negara Timur selama ribuan tahun. Selain lezat sebagai bumbu masakan juga banyak khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kunyit, misalnya mengandung polyphenolic curcumin, yang berfungsi sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Selain itu bumbu berwarna kuning ini dapat menjaga kesehatan pencernaan dan meredakan sakit perut.

Proses pembuatan minuman rempah ini cukup sederhana hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Untuk satu porsi minuman ini, dengan takaran bahan berikut, mengandung sekitar 74 kalori. Satu resep bahan ini dapat membuat 2 porsi minuman.

Berikut bahan dan cara pembuatan yang diadopsi dari laman Verywell:

Bahan
400 mililiter santan
1 sendok makan jahe parut
1 sendok makan kunyit parut
2 inci kayu manis 2 inci atau 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
4 sendok teh merica
1 sendok teh madu

Cara membuat:
Rebus semua bahan dengan api sedang selama 10 menit, tutup pancinya. Angkat dari api dan saring menjadi 2 cangkir. Nikmati hangat.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha