Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien IGD RSUD Tanjunguban Meningkat Tajam Selama Libur Lebaran
Oleh : Siti Maysharah
Jum\'at | 07-07-2017 | 14:38 WIB
kepala-rsud-uban1.gif Honda-Batam
Direktur RSUD Tanjunguban Dr Kurniakin. (Foto: Sharah)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pasca hari raya Idul Fitri 1438 H, pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjunguban meningkat tajam.

Direktur RSUD Tanjunguban Dr Kurniakin mengatakan, kunjungan di IGD selama libur lebaran meningkat hingga 4 kali lipat. Hal ini dikarenakan selama libur panjang pasca lebaran, tidak ada dokter spesialis yang berjaga sehingga pasien yang datang harus dilarikan ke IGD.

"Jumlah kunjungan IGD selama 1 minggu pasca lebaran, meningkat tajam dari rata-rata 48 kunjungan menjadi 218 kunjungan perminggu," ungkapnya, Jumat (7/7/17).

Selain itu, Ia menuturkan, sebagian besar kunjungan yang datang pasca lebaran disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan pola makan seperti diabetes, kolesterol, hipertensi dan asam lambung.

"Hal ini terjadi karena biasanya pada saat lebaran, masyarakat tidak menjaga pola makannya dengan baik. Makanan yang mengandung banyak lemak seperti rendang, opor, berbagai jenis kue mentega serta minuman bersoda dikonsumsi secara berlebihan dan tidak terkontrol," ujarnya.

Editor: Yudha