Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Beras dan Minyak Goreng di Pasar Baru Tanjunguban Berangsur Turun
Oleh : Siti Maysharah
Selasa | 04-07-2017 | 14:50 WIB
pasar-baru-uban13.gif Honda-Batam
Pasar Baru Tanjunguban. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pasca lebaran harga bahan kebutuhan pokok di Pasar baru, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara berangsur turun dibanding bulan ramadhan lalu.

Salah seorang pedagang di pasar baru Tanjunguban, Indra Setiawan menuturkan, harga kebutuhan pokok seperti beras dan minyak makan sedang turun walaupun tidak signifikan.

"Untuk beras kualitas premium ke bawah dan minyak goreng harganya turun sekitar Rp 200 - Rp 300 saja per liternya. Walaupun hanya turun sedikit, setidaknya tetap meringankan beban masyarakat," tuturnya, Selasa (4/7/17).

Ia mengatakan, sejak awal bulan ramadhan hingga lebaran di tahun ini tidak ada kelonjakan harga kebutuhan pokok yang membludak seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini para pedagang sudah memiliki inisiatif untuk tidak berspekulan agar harga kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan. Jika distributor yang satu menaikkan harga, kami akan mencari distributor lainnya dengan harga yang lebih murah. Jadi mereka tidak bisa menaikkan harga dengan seenaknya," jelas Indra.

Menurutnya, saat ini kondisi ekonomi masyarakat memang sedang melemah. Di tahun ini, banyak masyarakat yang mengganti rendang daging dengan rendang ayam atau rendang hati sapi. "Mungkin karena melemahnya ekonomi masyarakat pada saat ini," ujarnya.

Ia menambahkan, penjualan daging sapi di tahun ini menurun, sedangkan penjualan hati sapi meningkat bahkan hingga 6-7 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Editor: Yudha