Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kepri Minta Masukan dari Tokoh Masyarakat
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 12-06-2017 | 17:50 WIB
surya-makmur-728x3492.gif Honda-Batam
Ketua Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kerpri, Surya Makmur Nasution (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Panitia Khusus (Pansus) DPRD, yang tengah membahas Tata Tertib Pemilihan Wakil Gubernur Kepri, menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat untuk meminta masukan dalam penyusunan Tatip Pilwagub.

Pertemuan yang berlangsung di gedung DPRD Kepri, Senin (12/6/2017), itu digagas Pansus bersama sejumlah tokoh masyarakat, seperti Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri Abdul Razak, Penggagas dan Pelindung B3KR Huzrin Hood, Staf Ahli Gubernur Ahar Sulaiman dan Saidul Kudri serta sejumlah tokoh adat Melayu lainnya seperti Raja Mansyur dan Raja Malik.

Ketua Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kerpri, Surya Makmur Nasution mengatakan, pertemuan Pansus dengan sejumlah tokoh masyarakat Kepri, dilakukan untuk meminta masukan dan saran dari tokoh masyarakat, terkait dengan pembahasan Tata Tertib Pemilihan Wakil Gubernur Kepri yang saat ini sedang digodok.

"Dari Pertemuan tadi, pada intinya, semua tokoh masyarakat menghendaki agar Pansus Tatib Pilwagub Kepri ini bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat juga mendesak agar Pansus dapat bekerja lebih cepat dan sesuai dengan mekanisme, sehingga pelaksanaan pemilihan Wakil Gubernur Kepri dapat dilaksanakan," jelasnya.

Dalam pertemuan itu, sejumlah tokoh masyarakat juga mengharapkana, Pansus juga benar-benar merangkum semua aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan Wakil Gubernur Kepri tersebut.

Terkait dengan tindak lanjut Kerja Pansus Tatib Pilwagub, Surya Makmur mengatakan, setelah sebelumnya dilaksanakan study banding melihat tata tertib Pilwagub Sumatera Uatara, selanjutnya Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kepri akan melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri atas draf tata tertib yang telah dirancang.

"Draf Tatibnya sudah dibuat dan diselesiakan, selanjutnya, kami akan melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Rencananya, pertemuan konsultasi Pansus Tatib Pilwagub DPRD ini, akan dilaksanakan pada Kamis, pekan depan," sebut Surya Makmur.

Dalam pertemuan dengan Mendagri, tambah Surya, sebutan akrab Surya Makmur, pihaknya akan mengkonsultasikan, mengenai lama masa kerja Pansus. Kemudia lama tenggat waktu calon yang sudah diajukan untuk memenuhi persyaratan dan jika tidak dapat memenuhi persyaratan, apakah dapat diganti dengan calon lain atau waktu pengurusan syaratnya akan ditambah.

"Demikian juga mengenai jumlah kuorum Anggota DPRD saat pemilihan, apakah setengah atau dua pertiga dari jumlah Angggota DPRD pada saat pemilihan nantinya," ujar Surya.

Sedangkan mengenai perolehan rekomendasi Partai Politik terhadap calon yang diusulkan, Surya Makmur menyatakan, tetap dari DPP Parpol pengusung yang diawali dari pengajuaan rekomendasi dari pengurus DPD Parpol di daerah yang diteruskan ke DPP Parpol.

Editor: Udin