Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mafia BBM di Pertamina Tanjunguban Terbongkar, 6 Tersangka Diamankan
Oleh : Harjo
Selasa | 06-06-2017 | 18:27 WIB
mafia-BBM-01.gif Honda-Batam
Beberapa pelaku penyelundupan BBM di terminal Pertamina Tanjunguban saat menjalani pemeriksaan di Polsek Bintan Utara. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Polisi bersama Pertamina berhasil membongkar mafia minyak di Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina Tanjunguban. Lima pekerja outrsourcing dan seorang pegawai Pertamina berhasil diciduk Polisi, Selasa (6/6/2017) dini hari.

Keenam orang yang diduga sebagai pelaku, masih diperiksa penyidik Satrekrim Polres Bintan dan Polsek Bintan Utara. Informasi dari sumber kepolisian, kasus mafia BBM terbongkar setelah aksi para pelaku terekam CCTv.

"Pagi itu, laporan penyelundupan sekitar 159 ton solar dipindahkan menggunakan selang dari kapal tangker ke kapal berukuran lebih kecil, diterima Operation Head (OH) Terminal BBM Tanjunguban, Yardinal. Kemuadian Yardinal langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kerugian ditaksir sekitar Rp700 juta," kata sumber itu.

Namun, menurut sumber lainnya, kegiatan penyelundupan BBM di Pertamina diduga telah berlangsung sejak lama. Karena diduga telah melibatkan oknum pegawai Pertamina.

OH Terminal BBM Tanjunguban, Yardinal membenarkan dirinya telah melaporkan aksi penyelundupan BBM di terminal BBM Tanjunguban. Tetapi, ia tidak merinci berapa besara BMM yang diselundupkan kawanan pelaku.

"Kita serahkan ke Polisi," ujarnya, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Kapolsek Bintan Utara, Kompol Jaswir mengatakan, pihaknya akan menyerahkan kasus ini ke Polres Bintan. Saat ini, kelima pelaku masih diperiksa lantaran ada dugaan keterlibatan pihak lain dalam aksi penyelundupan solar di terminal BBM Tanjunguban.

Kapolres Bintan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Febrianto Guntur Sunoto membenarkan adanya penanganan kasus mafia BBM di terminal BBM Tanjunguban.

"Sampai saat ini, masih dilakukan pemeriksaan oleh anggota Satreskrim Polres Bintan," kata Kapolres Bintan kepada BATAMTODAY.COM, Selasa.

Editor: Gokli