Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

West Air Luxembourg Tertarik Jadikan Hang Nadim sebagai Pusat Operasi Kargo
Oleh : Hadli
Selasa | 06-06-2017 | 17:04 WIB
landasan-pacu1.jpg Honda-Batam
Landasan pacu Bandara Internasional Hang Nadim. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Salah satu keunggulan Bandara Internasional Hang Nadim adalah memiliki landasan pacu (runway) terpanjang kedua di Asia, setelah Bandara Internasional Klia, Kuala Lumpur Malaysia, yakni 4,025 meter.

Keunggulan yang dimiliki menjadikan Bandara Hang Nadim pilihan yang tepat sebagai pusat operasi kargo udaranya di Asia Tenggara. Bahkan West Air Luxemburg --maskapai penerbangan kargo yang berbasis di Gothenburg, Swedia, dikabarkan akan hengkang dari Singapura.

Keunggulannya landasan pacu Bandara Hang Nadim dibanding Bandara Changi Singapura, membuat pesawat berbadan besar bisa mendarat dalam keadaan kargo dan avtur dalam tangki pesawat tersebut penuh.

"Bandara yang memiliki landasan terpanjang ini adalah rancangan Pak Habibi. Inilah yang rencanakan beliau, Hang Nadim jadi sentral," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Andi Antono.

Andi menyampaikan, BP Batam selama ini selalu memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana vasilitas Hang Nadim. Dengan kerjasama ini diharapkan masuknya Luxembourg juga bisa diikuti dengan negara-negara lainnya.

"Fasilitas Hang Nadim sudah siap, tapi tentu ada beberapa yang perlu ditingkatkan," ujarnya.

Salah satu sarana yang akan ditingkatkan yakni bangunan gudang. Andi mengatakan bahwa saat ini luas tempat kargo 1680 m persegi. Dimana produksi kargo bandara dalam setahun mencapai 44 ribu ton.

"Kedepan kami akan membangun gudang baru seluas 1 haktare, diperkirakan dapat menampung barang hingga 600 ribu ton," terangnya.

Sehubungan dengan rencana pembangunan bangunan kargo dan perluasannya, tambah Andi direncanakan pada 2019. "Tapi bisa disesuaikan jika nantinya Pemerintah jadi menandatangani MoU dengan Pemerintah Luxemburg. Infonya tahun ini di Bali," tutur Andi.

Bandara Udara Hang Nadim merupakan bandara utama dan terbesar di Kepulauan Riau yang melayani penerbangan internasional dan domestik. Untuk penerbangan internasional, melayani penerbangan ke negara Malaysia, China, Hongkong, Jepang dan Korea Selatan.

Untuk penerbangan domestik, melayani penerbangan ke Jakarta, Surabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Yogyakarta, Banda Aceh, Natuna dan Denpasar Bali dan sebagainya.

Editor: Udin