Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelum Anggaran Desa di Bintan Cair, Kepala Desa Harus Diberi Pembinaan
Oleh : Harjo
Jum\'at | 02-06-2017 | 19:26 WIB
Kombes-Pol-Drs-Sumirat,-Direktur-Binmas-Polda-Kepri.gif Honda-Batam
Kombes Pol Drs Sumirat, Direktur Binmas Polda Kepri (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sebelum program nasional Anggaran Desa di Kabupaten Bintan dicairkan, seluruh Kepala Desa yang ada di Bintan dilakukan pembinaan terlebih dahulu. Agar dalam pengelolaan Anggaran Desa nantinya bisa terkelola dengan baik dan sesuai dengan sasarannya.

Demikian disampaikan oleh Kombes Pol Drs Sumirat, Direktur Binmas Polda Kepri kepada BATAMTODAY.COM di Mapolres Bintan, Jumat (2/6/2017) terkait penggunaan Anggaran Desa oleh Kepala Desa sesuai dengan yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat. Di dalamnya kata Sumirat lagi, juga ada tim pembina dana desa yang terdiri dari beberapa unsur.

Hal tersebut agar pengguna anggaran yakni Kepala Desa benar-benar bisa mengelola anggaran dengan cara yang benar. Terkait dengan itu, keberadaan anggota Bhabinkamtibmas sebanyak 51 personil yang tersebar di Kabupaten Bintan diikutsertakan sebagai pendamping.

"Mengikutsertakan Bhabinkamtibmas sebagai pendamping pengelolaan anggaran. Karena program nasional berupa dana desa wajib dilindungi," terang Sumirat.

Lebih jauh disampaikan, agar transfaransi serta agar tepat sasaran dalam pengelolaan anggaran desa akan terus dilakukan pembinaan. Desa akan menjadi sebagai stimulus, sehingga warga tidak perlu lagi berbondong-bondong ke kota.

"Langkah pembinaan yang dilakukan di Bintan memang lebih tepat karena dilakukan sebelum anggaran desa cair. Walaupun keterlambatan pencairan anggaran sendiri karena adanya kendala teknis. Tetapi memang akan lebih baik apabila pengelolanya sudah lebih siap dalam segi pengelolaannya. Dalam hal ini Kepala Desa dituntut untuk meningkatkan koordinasi," harapnya.

Editor: Udin