Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Miliki Izin Lengkap

Imigrasi Tarempa Mengaku Kecolongan atas Kunjungan Wisman ke Pulau Bawah
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 29-05-2017 | 17:38 WIB
Wisman-ke-pulau-bawah.gif Honda-Batam
Salah satu maskapai landing di Bandara Letung, yang dicarter Wisman menuju Pulau Bawah (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Imigrasi Kelas III Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, mengaku kecolongan atas kunjungan puluhan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Resort Pulau Bawah. Pasalnya, resort yang dikelola PT Pulau Bawah itu belum memiliki izin yang lengkap.

Kepala Imigrasi Kelas III Tarempa, Ikhsanul Pane, mengaku tidak mengetahui adanya kunjungan Wisman tersebut. Bahkan pihaknya tidak ada menerima laporan dari PT Pulau Bawah terkait kunjungan Wisman.

"Ah, betul tak informasi itu. Setahu saya, PT Pulau Bawah belum beroperasi. Mana mungkin dikunjungi Wisman? Biasanya pengelola akan menghubungi kami kalau ada pengunjung datang ke sana, apalagi warga negara asing (WNA). Pasti dilaporkan kepada kami," ujar Ikhsanul, Senin (29/5/2017).

Ikhsanul yang sekaligus Ketua Tim Pengawasan Orang Asing (POA) Kabupaten Kepulauan Anambas menerangkan, pihaknya menunggu laporan pengelola PT Pulau Bawah dikarenakan Imigrasi kekurangan personil dan belum memiliki pos di Bandara Letung dan Pulau Bawah.

"Kami belum memiliki Pos di Bandara dan Pulau Bawah. Sehingga kami tidak tahu. Mungkin tahun anggaran baru kami akan mengusulkan pembangunan Pos di Bandara dan Pulau Bawah. Karena orang asing harus diawasi dan dipantau," jelasnya.

Ketika Ikhsanul menghubungi pengel?ola Pulau Bawah, ternyata benar baru-baru ini Pulau Bawah dikunjungi oleh WNA. Namun, Ikhsanul menimpali bahwa pengunjung tersebut merupakan owner dari PT Pulau Bawah.

"Iya memang benar ada orang asing ke Pulau Bawah. Saya sedang menunggu data dan kewarganegaraan WNA itu. Tetapi mungkin itu adalah owner PT Pulau Bawah," timpalnya.

Sementara, Kepala Satuan Pelaksana Bandara Letung, Ariadi, mengakui bahwa sudah 6 kali pesawat carteran landing di Bandara Letung, dengan jumlah keseluruhan penumpang 41 dengan tujuan Pulau Bawah.

"Iya untuk Bulan Mei ini, sudah 6 kali pesawat carteran landing di Bandara, total keseluruhan penumpangnya 41 orang. Mereka rela carter pesawat karena belum ada pesawat reguler yang mau ke Letung. Semua penumpang itu menuju Pulau Bawah. Rata-rata semua balik hari," jelasnya seraya tidak memiliki data kewarganegaraan pengunjung tersebut.

Editor: Udin