Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Habitatnya Terganggu Jadi Penyebab Buaya Muncul di Sungai Putri Hijau
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 27-05-2017 | 16:50 WIB
Buaya-seberat-1-ton.gif Honda-Batam
Buaya yang ditemukan warga (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY. COM, Batam - Warga Kelurahan Sailangkai, Kecamatan Sagulung, baru-baru ini dikagetkan dengan munculnya seekor buaya di Sungai Putri Hijau. Beruntung, sebelum buaya tersebut menyerang manusia dan memangsa hewan ternak milik warga, hewan ini langsung ditangkap.

Camat Sagulung, Reza Khadafy mengatakan, penimbunan lahan di daerah Sagulung diduga membuat buaya muara yang selama ini berada di dalam rawa, mulai muncul di tepi sungai dan bahkan ada masuk kepemukiman warga.

"Dari pengakuan warga yang saya terima, di perumahan Podomoro, Putri hijau dan beberapa perumahan di Sagulung yang lokasinya berdekatan dengan rawa, sering melihat buaya. Bahkan baru-baru ini buaya masuk ke perumahan Podomoro dan memangsa ternak peliharaan warga," ujar Reza, Sabtu (27/5/2017).

Menurutnya buaya yang ditangkap warga baru-baru ini di Sungai Putri Hijau Sagulung, saat buaya muncul di pinggir sungai, dikarenakan berkurangnya hutan bakau yang menjadi habitat mereka.

"Buaya muncul karena di habitatnya disekitaran sungai sudah terganggu. Dulunya rawa dan hutan bakau sekarang jadi perumahan," ujarnya lagi.

Jika warga menemukan buaya atau satwa liar lainnya, dia menambahkan, agar jangan dibunuh. Sebaiknya langsung dilaporkan. Kepada warga yang berada dipinggiran sungai maupun warga yang ingin memancing  agar selalu berhati-hati.

"Di Sungai Sagulung sudah banyak orang yang melihat buaya, kepada warga agar berhati-hati," ujarnya.

Editor: Udin