Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akibat Pembabatan Hutan Lidung

Rumah Warga Kijang Permai Diterjang Air Lumpur
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 24-05-2017 | 14:50 WIB
rumah-diterjang-lumpur1.gif Honda-Batam
Warga memindahkan barang-barang setelah rumahnya diterjang air lumpur. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Warga Perumahan Kijang Permai RT 02/RW 10 Kecamatan Bintan Timur diterjang banjir lumpur pada Rabu (24/5/2017). Hal itu diduga akibat pembabatan hutan yang terjadi di Bukit Lengkuas.

Adi Alfani, Ketua RT 02 mengatakan, hujan siang tadi hujan deras turun selama 30 menit. Tiba-tiba hujan air lumpur masuk ke rumah warga.

"Kurang lebih 30 menit hujan turun, air bercampur lumpur masuk ke rumah warga. Terpaksa warga mengungsikan barang-barangnya ke tetangga yang tidak terkena lumpur," kata Adi kepada BATAMTODAY.COM.

Lumpur ini, menurut Adi sering terjadi setelah hutan lindung yang ada di belakang pemukiman warga dibabat. Akibatnya 6 rumah warga yang ada tepat di kaki bukit kerap menjadi korban. "Di tempat saya ini baru kejadian saat hujan, akibat hutan lindung didorong. Jadi ketika hujan, tanahnya jadi longsor dan masuk ke dalam rumah warga," kata Adi.

Menurutnya, meski hutan lindung di Bintan ini hampir gundul namun Bupati Bintan, Apri Sujadi enggan menyurati Dinas terkait untuk mengambil tindakan agar pembabatan hutan dihentikan.

Editor: Yudha