Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Jet AS Dicegat Dua Jet Tempur China di Laut China Selatan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 20-05-2017 | 18:50 WIB
latihan-perang.gif Honda-Batam
Taiwan menggelar latihan pencarian dan penyelamatan (SAR) di Laut China Selatan, Selasa (29/11/2016), sebagai bagian dari upaya memperkuat klaimnya di perairan vital dan strategis itu.(VOA)

BATAMTODAY.COM, Beijing - Dua pesawat tempur China jenis Sukhoi Su-30 telah mencegat secara "tidak profesional" terhadap sebuah pesawat tempur Amerika Serikat (AS), demikian keterangan Pentagon.

Pesawat AS WC-135 sedang menjalankan misi untuk mendeteksi radiasi di wilayah udara internasional di atas Laut China Selatan.

Salah-satu pesawat China tersebut mendekati pesawat AS itu dalam jarak sekitar 45 meter, menurut pejabat AS, Jumat (19/5/2017).

Sikap curiga China terhadap aktivitas AS di wilayah perairan internasional telah berulangkali menyebabkan kedua negara bersitegang.

"Persoalan ini sedang ditangani secara tepat melalui jalur diplomatik dan milite," kata Juru bicara angkatan udara AS, Letnan Kolonel Lori Hodge.

Pencegatan itu dianggap tidak profesional "karena pilot China melakukan manuver dengan kecepatan penuh dan mereka mendekati pesawat kami," tambahnya, seraya menambahkan bahwa penyelidikan militer sedang dilakukan.

Pesawat AS tersebut sebelumnya digunakan untuk mendeteksi bukti kemungkinan uji coba nuklir oleh Korea Utara (Korut).

Pada Februari lalu, kapal induk AS menggelar apa yang disebut Washington sebagai "operasi rutin" di Laut China Selatan, dengan dukungan armada kapal perang.

Pengiriman armada kapal itu tetap dilakukan AS walaupun diprotes China karena dianggap mengingkari kedaulatan Beijing atas wilayah tersebut.

Dan pada Mei tahun lalu, dua pesawat China melakukan pencegatan serupa terhadap pesawat militer AS di atas Laut China Selatan.

Ketika itu militer AS mengatakan bahwa pesawat pengintai itu melakukan patroli rutin di wilayah tersebut.

Sumber: CNN
Editor: Udin