Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar BPJS Kesehatan di Tanjungpinang Bisa Lewat Telepon
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 18-05-2017 | 11:16 WIB
bpjs-011.gif Honda-Batam
Temu Media BPJS Tanjungpinang dengan wartawan se-Kabupaten Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - BPJS Kesehatan Tanjungpinang memberikan kemudahan bagi calon peserta yang ingin mendaftar. Sekarang ini, tak perlu repot mendatangi Kantor BPJS, cukup lewat telepon pendaftaran langsung diproses.

Program kemudahan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasioanal, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Tanjungpinang, Leni Marlina Malau saat melakukan acara 'Temu Media' dengan wartawan se-Kabupaten Bintan, di Restoran Kelong, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan, Rabu (17/5/2017).

Leni menyampaikan, peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup menghubungi 1500-400, calon peserta mandiri atau perorangan bisa melakukan pendaftaran via telpon.

"Selain itu calon peserta juga bisa merubah identitas diri, jika ada kesalahan. Namun saat ini, program via telpon baru berjalan khusu calon peserta mandiri belum untuk yang bersifat banyak atau prusahaan," tutur Lina.

Hal yang harus dipersiapka calon peserta sebelum mendaftar, kata Lina, peserta wajib menyipakan beberapa jawaban yang akan ditanyakan oleh panitia, antara lain nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor hendphon, alamat domisili/ tempat tingga guna saat pengiriman kartu, dan alamat email.

"Jadi selain bisa mendaftar melalui telpon, Kartu peserta yang sudah jadi juga langsung diantar oleh petugas BPJS," kata Lina.

Setelah agen Care Centre menyatakan pendaftaran via telepon selesai, nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email yang bersangkutan.

"Setelah yang bersangkutan sudah mendapat nomor VA, maka diwajibkan untuk membayar iuran pertama. Dengan jangka waktu paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya," tutur Lina.

Sejak pembayaran pertama tersebut, kartu peserta sudah aktif, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang sudah diinformasikan pada saat mendaftar.

Pada tahun 2016 lalu, angka kepuasan mencapai 79,90 persen. Pada tajun 2017 ini, BPJS Cabang Tanjungpinang menargetkan kepuasan masyarakat menikmati layanan BPJS Kesehatan meningkat 80 persen.

Editor: Gokli