Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan HUT Satpol PP

Satpol PP Juga Bertanggung Jawab Dalam Perlindungan Masyarakat
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 17-05-2017 | 13:38 WIB
satpolpp-lingga1.gif Honda-Batam
Peringatan HUT Satpol PP di Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar upacara peringatan hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67 dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-55 di halaman kantor Bupati Lingga, Rabu (17/05/2017) pagi.

Meski terlambat, upacara HUT itu tetap berlangsung lancar dan khidmat dengan diikuti ratusan peserta mulai dari barisan TNI, Polri, Linmas, PTT dan THL serta para siswa SMA di wilayah ibukota Kabupaten Lingga. Dalam upacara itu juga, para personil dari Satpol PP Lingga melakukan atraksi unjuk kebolehan mereka didepan para peserta upacara dan Sekda Lingga yang hadir sebagai inspektur upacara.

"Tugasnya Satpol PP tidak hanya penegakan peraturan daerah saja, namun bertanggung jawab di bidang perlindungan masyarakat dan penangan bencana kebakaran. Dalam gerak tugasnya, Satpol PP juga harus memberi pelayanan cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan dan tantangan terkait ketentraman dan ketertiban umum," kata Sekda Lingga, Abu Hasyim, dalam upacara tersebut.

Dia menekankan, selain cepat dalam pelayanan, satpol PP juga harus mampu membuka ruang dialog dengan seluruh lapisan masyarakat serta selalu peka terhadap perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, sehingga dapat melakukan langkah antisipatif untuk menghin-dari konflik sosial.

Apalagi, kata Abu Hasyim, di era globalisasi, reformasi dan keterbukaan informasi saat ini yang sedang menguji kemajemukan bangsa, potensi besar yang dimiliki segenap Satuan Pamong harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Kualitas instansi penegak perda ini harus diberdaya dan diperkuat lagi. Baik dari segi sarana prasarana, sumber daya manusia, dan mata anggarannya," ungkapnya.

Untuk itu dia berharap di hari jadi yang ke 67 ini, kondisi yang kondusif dapat terus terbina dengan sinergi yang baik antara Satpol PP dan juga partisipasi dari masyarakat setempat.

"Saya berharap Satpol PP khusunya Lingga semakin baik lagi. Terus berkomunikasi dengan badan intelejen daerah ataupun masyarakat yang baik agar selalu tercipta kondisi yang aman dan tertib," harapnya.

Peringatan HUT Satpol PP jatuh pada tanggal 3 Maret 2017 lalu. Meski Lingga baru memeriahkan pada 17 Mei 2017 ini. Pelaksanaannya tetap berlangsung lancar dan meriah, karena atraksi yang ditunjukkan para Personil dari Satpol PP Lingga cukup menghibur peserta upacara yang hadir. Mulai dari memperagakan pencak silat sampai dengan penangan kebakaran dan aksi melawan pendemo.

Editor: Yudha