Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SDN 001 Seri Kuala Lobam Siap Kejar Predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional
Oleh : CR-15
Selasa | 16-05-2017 | 20:02 WIB
Hiroponik-SDN-01-Seri-Kuala-Lobam.gif Honda-Batam
Sejumlah tanaman hidroponik yang ada di SDN 001 Serikuala Lobam Bintan (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - SD Negeri 001 Seri Kuala Lobam, merupakan sekolah yang telah berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata di tingkat kabupaten serta provinsi. Pada tahun ini, SDN 001 sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata untuk tingkat nasional.

Kepada BATAMTODAY.COM, Cendra Krida, selaku Kepala Sekolah, mengungkapkan bahwa SDN 001 Seri Kuala Lobam merupakan satu-satunya Sekolah Dasar yang mewakili Kepri untuk program Sekolah Adiwiyata nasional.

"Di lingkungan sekolah, kami menanam tanaman hidroponik, saur-sayuran, tanaman obat untuk keluarga (toga) serta membudidayakan ikan lele," ungkapnya, Selasa (16/5/2017).

Macam-macam tumbuhan yang ditanam antara lain serai, daun pandan, kemunting, kol, rosella dan lain lain.

"Kita kemarin baru panen kol sama rosella, kolnya kita jual ke orang kantin dan hasil penjualannya untuk beli bibit lagi. Kalau rosella kemarin kita buat manisan," ucap Sutimah, salah seorang guru SDN 001.

Lebih jauh Cendra menjelaskan, penanaman tumbuhan dilakukan oleh seluruh pihak sekolah yang dipelopori Isnaini, wali kelas 5. Sekokah ini juga memiliki rumah kompos, untuk mengolah kompos dari sampah tumbuhan kering, serta green house.

"Dengan ini kita mengajarkan anak-anak tentang cara merawat tanaman, peduli dengan lingkungan dan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah," tambahnya.

SDN 001 merupakan sekolah tertua di Seri Kuala Lobam. Jumlah siswanya saat ini adalah 494 siswa. Dan jumlah guru beserta staf Tata Usaha (TU) ada 21 orang.

SDN 001 sendiri memiliki beberapa kegiatan ekstra kulikuler, antara lain drumband, grup rebana, olahraga serta seni tari.

Editor: Udin