Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Mafia Pangan Jelang Ramadhan Unit Tipiter Polresta Barelang Pantau Harga Sembako
Oleh : Romi Candra
Sabtu | 13-05-2017 | 08:12 WIB
pantauhargasembako.jpg Honda-Batam
Unit V Satreskrim Polresta Barelang sedang memantau harga kebutuhan pokok di Batam. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Unit V Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Barelang melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok (Sembako) di Pasar Tos 3000 Jodoh Batam, Jumat (12/5/2017) sore.

Menurut Kanit Tipiter Satreskrim Polresta Barelang, Iptu Marganda Pandapotan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meminimalisir kecurangan yang mengkibatkan harga melonjak naik.

"Kami merupakan bagian dari Satgas Mafia Pangan yang pada 8 Mei kemarin dibetuk di bawah Subdit I Indaksi Ditreskrimsus Polda Kepri. Di sini kami memantau pasar agar tidak ada terjadinya indikasi mafia pangan yang bermain," ungkap Marganda, di lokasi.

Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya belum menemukam lonjakan harga yang signifikan. Diperkirakan, harga mulai jelas mengalami kenaikan pada H-5 Ramadhan.

"Dari laporan awal yang kita lakukan saat ini, belum ditemukan adanya selisih harga tertinggi maupun yang terendah dari kebutuhan bahan pokok. Harganya masih tergolong normal, meski ada beberapa item yang sudah naik," lanjutnya.

Ditambahkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya pihak-pihak yang berupaya menimbun kebutuhan pokok sehingga harga melonjak.

"Jika nanti ditemukan, akan dilakukan penindakan sesuai hukum. Namun saat ini belum ditemukan. Harga-harga di pasaran masih stabil. Seperti harga daging beku Rp 80 ribu, yang sesuai dengan harga ditetapkan dari pusat," jelasnya.

Editor: Dardani