Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah Pintar Pemilu, Wadah Informasi Seputar Pemilihan Umum
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum'at | 12-05-2017 | 12:57 WIB
RPP1.gif Honda-Batam
Bupati Bintan, Apri Sujadi meresmikan rumah pintar pemilu di Kantor KPU Bintan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi resmikan rumah pintar pemilu, Jumat (12/5/2017) di Kantor KPU Bintan, Jalan Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya.

 

Dalam sambutannya, Apri sangat mengapresiasi berdirinya rumah pintar pemilu. Hal ini merupakan suatu bagian dalam media sosialisasi dan edukasi terkait perkembangan Pemilu bagi seluruh masyarakat Bintan.

"Dengan adanya ini, masayarakat bisa mendapatkan informasi seputar pemilu dan dapat dijadikan sarana pendidikan politik bagi masyarakat," kata Apri.

Menurutnya, dengan adanya rumah pintar ini, nantinya akan bisa merubah pola pikir masyarakat dan menjadikan masyarakat pemilih yang cerdas. Masyarakat bisa melihat langsung tata cara proses pemilihan yang ditampilkan secara visual melalui layar lebar dan dilengkapi dengan alat peraga yang mirip dengan kondisi nyata tempat pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

"Dengan adanya ini, kita berharap pengelolaan informasi pemilu untuk ke depannya menjadi jauh lebih efektif. Dimana masyarakat umum serta para pelajar dapat belajar dan mengetahui seluruh informasi pemilu dengan baik," harap Apri.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Bintan, Wandra Fadillah menyampaikan tujuan dibukanya rumah pintar pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan sebagai pusat informasi kepemiluan. Selain itu mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi, serta memperkenalkan nilai-nilai demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, serta menanamkan kesadaran nilai-nilai demokrasi kepada semua elemen masyarakat.

"Jadi nanti di ruangan pengunjung bisa melihat konten-konten, seperti perjalanan sejarah kepemiluan melalui tayangan audio visual. Termasuk nanti setelah masuk pada tahapan pilkada, semua informasi yang harus diketahui masyarakat akan kami tampilkan juga di rumah pintar pemilu ini," kata Wandra.

Editor: Yudha