Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pandai Besi di Bintan Utara Ciptakan Produk Berkualitas Super
Oleh : CR-15
Selasa | 02-05-2017 | 10:50 WIB
besi-01.gif Honda-Batam

Pengrajin besi di Bintan yang dikelola secara tradisonal. (Foto: Siti Maysharah)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pengrajin besi yang terdapat di daerah Jago, Sei Jeram, Bintan mampu menghasilkan berbagai macam perlatan dengan kulaitas super, seperti parang, golok, pisau dapur, cangkul, pemotong rumput, celurit dan lainnya.

 

Pemilik Pande Besi, Mislun (46) menuturkan usahanya ini baru dirintis sekitar satu bulan lalu. Meski tergolong baru dan masih belum dikenal, secara berlahan warga sudah banyak yang melakukan pemesanan, berupa kebutuhan dapur dan peralatan pertanian.

"Saya merantau ke sini dari Jambi tetapi saya orang asli Ponorogo, Jawa Timur. Di sini mencoba peruntungan dengan bertani dan mencoba keahlian pandai besi, keahlian secara turun temurun," tuturnya kepada BATAMTODAY.COM, Senin (1/5/2017.

Ia mengaku, bahwa keahliannya mengolah besi didapat sejak kecil, saat membantu pamannya yang bekerja sebagai pandai besi di wilayah Ponorogo.

"Sehari bisa buat tiga sampai empat buah peralatan seperti parang, pisau dan peralatan lainnya. Namun tergantung permintaan dan harganya juga berbagai macam tergantung bentuk dan ukuran yang diminta," terangnya.

Mislun menjelaskan, untuk menghasilkan peralatan yang tahan lama harus menggunakan bahan dari besi yang bagus. Ia mampu menempah peralatan yang sesuai selera konsumennya.

"Membuat peralatan jika ada yang nempah atau pesanan, jadi buatnya sesuai dengan pesanan. Karena kalau buat yang langsung jadi, kadang tidak sesuai dengan selera masyarakat daerah sini. Karena selera bentuk setiap daerah berbeda," ujarnya.

Sampai saat ini, dia masih tetap menggunakan metode dan alat yang sangat tradisional untuk mengolah besi-besi tua menjadi berbagai macam peralatan. Hal tersebut sesuai dengan kemampuan ekonominya pada saat ini.

"Jika modal sudah terkumpul, rencana akan membuat cetakan khusus agar proses pembuatannya lebih cepat dan lebih hemat tenaga. Namun kualitas sangat bagus," imbuhnya.

Editor: Gokli