Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kekurangan Komputer, Siswa SMPN 11 Batuaji Numpang Ujian di SMK 1 Batam
Oleh : CR-14
Kamis | 27-04-2017 | 13:26 WIB
SMPN-11-1.jpg Honda-Batam

Nyamini, Panitia Pelaksana Ujian UNBK SMPN 11. (Foto: Yos Koto)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) di Batam tengah melakukan persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar pada tanggal 2-5 Mei 2017 mendatang.

Namun tidak semua sekolah yang mengikuti UNBK memiliki komputer yang memadai, seperti di SMPN 11 Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaju. Siswa mereka terpaksa numpang ujian di SMK 1 Batuaji.

"Kita menumpang di SMK 1 karena fasilitas komputer di sekolah kita tidak memadai dengan peserta ujian yang cukup banyak," ujar Nyamini, Panitia Pelaksana Ujian UNBK SMPN 11 kepada wartawan, Kamis (27/4/2017).

Ia mengatakan, selain kekurangan komputer ditambah lagi dengan banyaknya siswa SMP Negeri 11 Batam yang harus mengikuti ujian UNBK, pihak Dinas Pendidikan Provinsi terpaksa mengalihkan untuk melakukan ujian di SMK 1 Negeri Batam.

"Atas rekomendasi dari Dinas Pendidikan, kita dialihkan untuk UNBK di sekolah SMK 1 Batam. Nantinya sebanyak 337 siswa menempati tujuh ruangan lab komputer dalam tiga sesi," ungkapnya.

Meski ini merupakan UNBK pertama bagi siswa SMP Negeri 11 Batam, namun persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga siswa terbiasa menjawab soal-soal ujian berbasis komputer. Pihaknya juga telah melakukan simulasi UNBK berkali-kali.

"Kita bercermin dari ujian nasional sebelumnya yang sudah menerapkan UNBK. Kita yakin semua peserta mampu melaksanakan ujian dengan baik," harapnya.

Editor: Yudha