Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program Selama 3 Hari

Bupati Anambas Gratiskan Biaya Berobat dan Periksa Kesehatan di Pustu
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 18-04-2017 | 10:26 WIB
abdul-01.gif Honda-Batam

Bupati Anambas, Abdul Haris saat memeriksa kesehatan di Pustu Air Sena didampingi tenaga medis Puskesmas Siantan Tengah. (Foto: Fredy Silalahi)

 

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengajak masyarakat memeriksa kesehatan di Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Desa Air Sena, Teluk Sunting, dan Air Nganga. Pasalnya, cek kesehatan dan pengobatan gratis tersebut diprogramkan selama 3 hari ke depan.

 

"Ayo cek kesehatan, karena program ini akan berlangsung selama 3 hari ke depan. Jangan takut terhadap penyakit, jutsru kita takut maka akan lebih sakit. Kita tahu penyakit kita, pasti ada solusinya," ujar Abdul Haris kepada masyarakat Kecamatan Siantan Tengah, Senin (17/4/2017).

Pantauan di lapangan, belasan orang tenaga medis bersiap-siap melayani masyarakat di Desa Teluk Sunting serta Desa Air Sena, dan masyarakat sangat antusias terhadap program tersebut.

"Ternyata masyarakat sangat antusias diadakan program ini, tidak hanya di Teluk Sunting, di Air Sena juga demikian. Ini fungsi utama tenaga medis, yakni melayani masyarakat. Memberitahu kondisi kesehatan masyarakat, serta memberikan anjuran yang tepat untuk kesehatan masyarakat," tegas Haris.

Sementara, salah satu tenaga medis Puskesmas Siantan Tengah yang ditugaskan di Air Sena, Sartika Manalu, mengakui masyarakat antusias terhadap program cek kesehatan dan pengobatan gratis tersebut.

Ia menguraikan, sejauh ini terdapat 35 pasien yang mendaftar untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh.

"Ada berkisar 35 orang yang cek kesehatan, berkisar 25 orang mengidap kolesterol tinggi dan tensi tinggi. Ini disebabkan karena seringnya masyarakat mengkonsumsi makanan laut, seperti sotong (cumi), ketam (kepiting), namun aktivitasnya kurang," jelasnya.

Petugas medis itu menerangkan, mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi merupakan salah satu cara untuk menghindari kolesterol dan tensi tinggi. Menurutnya, hal tersebut juga harus didukung dengan aktivitas masyarakat.

"Serat makanan sangat penting untuk menunjang kesehatan secara optimal. Manfaat serat bagi kesehatan diantaranya adalah mencegah sembelit, mencegah kanker colon, menjaga kadar gula darah, menjaga tingkat normal kolesterol, dan menjaga berat badan. Untuk itu kami anjurkan masyarakat agar rutin mengkonsumsi makanan berserat, seperti, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian," katanya.

Editor: Gokli