Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menteri Yohana Tinjau Shelter P2TP2A di Sekupang

Kota Batam Dicap Jadi Pusat Perdagangan Manusia
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 11-04-2017 | 11:17 WIB
menteri-01.gif Honda-Batam

Menteri PPPA RI, Yohana Susana Yembise. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise menyebut Batam menjadi pusat kota trafficking atau perdagangan manusia di Indonesia.

"Batam menjadi kota pusat perdagangan manusia di Indonesia, kasus TKI, penyelundupan anak," ujar Yohana Susana Yembise usai meninjau Shelter Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Batam di Sekupang, Senin (10/04/2017).

Menteri Yohana menilai, Batam yang merupakan pulau terdepan yang berdekatan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia dimanfaatkan para oknum-oknum untuk melancarkan penyelundupan.

Yohana pun mengatakan, pihaknya akan berkerja keras dengan badan intelejen dan kepolisian guna menyetop serta menghentikan perdagangan manusia di Batam.

"Saya banyak terima laporan maraknya pengiriman TKI di Batam. Saya diminta untuk terjun langsung ke pelabuhan menyaksikan para perempuan kita dikirim ke luar negri," katanya.

Yohana berjanji akan tegas memberantas perdagangan manusia di Batam, dengan menempatkan intelijen berkerja sama dengan Bareskrim untuk menangani kasus ini lebih dalam.

Namun disinggungg keterlibatan oknum aparat dalam perdagangan manusia, menurut Yohana akan mengkaji terlebih dahulu bersama itansi terkait.

"Nanti intelijen tiba-tiba akan muncul di Batam untuk memberantas perdagangan manusia," pungkasnya.

Editor: Gokli